FIFA Batalkan Piala Dunia U-17 di Peru, Digantikan oleh Indonesia?

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 04 April 2023
FIFA Batalkan Piala Dunia U-17 di Peru, Digantikan oleh Indonesia?
Piala Dunia U-17 FIFA. (FIFA)

BolaSkor.com - FIFA resmi membatalkan Piala Dunia U-17 2023 di Peru. Keputusan diambil setelah FIFA melakukan diskusi intensif dengan federasi sepak bola Peru, FPF.

Dalam keterangannya, FIFA menjelaskan bahwa Peru tidak mampu memenuhi komitmennya untuk melengkapi infrastruktur yang dibutuhkan dalam menggelar turnamen.

Dengan sisa waktu yang ada, FIFA tidak yakin infrastruktur akan siap saat turnamen dimulai. Piala Dunia U-17 2023 dijadwalkan berlangsung dari 10 November sampai 2 Desember.

"Meskipun hubungan kerja yang sangat positif antara FIFA dan FPF, telah ditentukan bahwa sekarang tidak ada cukup waktu untuk mengamankan investasi yang diperlukan dan menyelesaikan pekerjaan yang diperlukan dengan pemerintah Peru sebelum tanggal dimulainya turnamen. FIFA ingin mengucapkan terima kasih kepada FPF atas upaya mereka," tulis keterangan FIFA.

Baca Juga:

Jokowi Mengaku Pusing Piala Dunia U-20 2023 Batal, Erick Thohir: Sama Pak

Jokowi: Pusing Saya Dua Minggu Ini Gara-gara Bola, Pusing Betul

Tiga Pemain U-20 Sudah Gabung Timnas Indonesia U-22 Proyeksi SEA Games 2023

Sampai dikeluarkannya keputusan ini, FIFA belum memutuskan tuan rumah pengganti. Lalu, apakah mungkin Indonesia bisa menggantikan Peru?

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, mengaku yakin Ketua Umum PSSI Erick Thohir punya rencana lain usai Indonesia gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Saat ditanya apakah rencana yang dimaksud terkait peluang menggantikan Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, Gibran tidak memberikan jawaban pasti.

"Ada plan C dan plan B. Mosok ora (masa enggak) terkait Piala Dunia. Santai saja," kata Gibran.

"Insyaallah tahun ini," ujar Gibran terkait apakah ada kejuaraan sepak bola tingkat internasional yang dilaksanakan di Indonesia setelah gagal menggelar Piala Dunia U-20.

Sementara itu, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, sempat ditanya juga oleh awak media soal peluang Indonesia menggantikan Peru. Namun, Arya menyebut fokus PSSI saat ini adalah menghindari sanksi dari FIFA usai gagal menggelar Piala Dunia U-20 pada 20 Mei hingga 11 Juni.

Turnamen itu dibatalkan karena FIFA merasa ada intervensi dan masalah keamanan. Ini setelah munculnya penolakan atas kedatangan timnas Israel U-20 yang dilakukan sejumlah pihak, mulai dari partai politik, organisasi masyarakat, sampai kepala daerah seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

"Tidak ada. Saat ini kami fokus agar (Indonesia) tidak terkena sanksi," ucap Arya.

Piala dunia u-20 Pssi Fifa Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.250

Bagikan