FIFA Berencana Larang Pemain Meludah di Lapangan

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 29 April 2020
FIFA Berencana Larang Pemain Meludah di Lapangan
Ketua Komite Medis FIFA, Michel D'Hooghe (Twitter)

BolaSkor.com - FIFA terus melakukan terobosan demi membuat pertandingan sepak bola aman digelar pada masa pandemi virus corona. Salah satunya adalah larangan kepada pemain untuk meludah di lapangan.

Meludah sebenarnya merupakan kebiasaan normal para pesepak bola saat berlaga di lapangan. Hal itu dilakukan biasanya untuk mengurangi rasa kering di tenggorokan.

Sayangnya air ludah merupakan salah satu media penyebaran berbagai penyakit, termasuk juga virus corona ini. Air ludah yang mengandung virus ketika berada di rumput selama beberapa jam bisa menjadi media penularan.

Ketua komite medis FIFA, Michel D'Hooghe, sadar kebiasaan meludah ini tidak bisa dihilangkan begitu saja. Namun itu harus dilakukan demi menjaga keselamatan pemain juga.

Baca Juga:

FIFA Usulkan Lima Pergantian Pemain di Tiap Pertandingan

PSSI Akan Optimalkan Bantuan Dana dari FIFA

Aksi Tepuk Tangan Bintang Sepak Bola Dunia untuk Petugas Medis

"Meludah seperti sudah menjadi kebiasaan dalam olahraga sepak bola. Namun kebiasaan itu tidak sehat dan menjadi jalan yang baik untuk penularan wabah," kata D'Hooghe dikutip dari Telegraph.

"Itu sebabnya kita harus berhati-hati pada saat memulai kembali. Saya tidak pesimistis, tapi lebih agak ragu-ragu."

Cara menghentikan kebiasaan buruk tersebut adalah dengan mengeluarkan aturan tegas. Salah satunya adalah dengan hukuman kartu kuning.

FIFA telah mengusulkan regulasi terkait meludah kepada Badan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB). Aturan ini diharapkan sudah berlaku ketika kompetisi kembali bergulir.

Fifa Virus Corona Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan