FIFA Hanya Izinkan SUGBK Dipakai untuk Kegiatan Sepak Bola

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 30 November 2022
FIFA Hanya Izinkan SUGBK Dipakai untuk Kegiatan Sepak Bola
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Induk Sepak Bola Dunia, FIFA, akhirnya membalas surat PSSI soal penggunaan 6 Stadion venue Piala Dunia U-20 2023 sebelum event resmi. Termasuk Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang menjadi perbincangan hangar akhir-akhir ini.

Sebelumnya, SUGBK menjadi perbincangan hangat karena dipakai Relawan Jokowi mengadakan acara pada Minggu (27/11) kemarin. Banyak pencinta sepak bola mempertanyakan hal ini.

Maklum saja, Timnas Indonesia awalnya harus terusir dari SUGBK ke Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi) untuk Piala AFF 2022. Pasalnya, SUGBK dikabarkan oleh Pemerintah Indonesia akan direnovasi untuk Piala Dunia U-20 2023 pada akhir November 2022.

SUGBK harus steril 6 bulan karena untuk Piala Dunia U-20 2023. Hal ini dikatakan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali.

Baca Juga:

PSSI Proses Perizinan Laga Kandang Piala AFF 2022 di SUGBK dengan Penonton

Timnas Indonesia Diizinkan Menpora Berkandang di SUGBK saat Piala AFF 2022

Akan tetapi, nyatanya SUGBK dibuat acara non sepak bola. Pencinta sepak bola pun kecewa. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono, angkat bicara bahwa SUGBK tidak direnovasi jadi bisa dibuat untuk venue kegiatan.

Menpora Zainudin Amali pun kembali mengatakan, SUGBK dipergunakan Relawan Jokowi karena belum masuk tahap renovasi. Setelah itu, Menpora Zainudin Amali mengizinkan Timnas Indonesia bermarkas di SUGBK saat Piala AFF 2022, namun harus seizin FIFA.

Timnas Indonesia
Latihan Timnas Indonesia. (PSSI)

Jika mengacu, Regulasi FIFA Pasal 19 Ayat 3 dan 4, venue Piala Dunia harus steril kegiatan 14 hari sebelum acara, baik acara komersil maupun non komersil. Namun, hal ini bisa berubah seizin FIFA.

PSSI pun mengirim surat ke FIFA. FIFA membalasnya dengan mengizinkan SUGBK dipakai hanya kegiatan sepak bola.

Dengan adanya surat dari FIFA, konser BLACKPINK pada Maret 2023 mendatang, harus mencari venue Pengganti, atau dibatalkan. Begitupun dengan konser Raisa.

Lalu, Timnas Indonesia hampir pasti bermarkas di SUGBK untuk Piala AFF 2022, 20 Desember mendatang. Proses izin dengan penonton sudah diproses PSSI ke Polri.

Sebagai informasi selain SUGBK, venue Piala Dunia U-20 2023 lainnya adalah Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Kapten I Wayan Dipta (Bali), Jakabaring (Palembang), dan Gelora Bung Tomo (Surabaya).

FIFA

Berikut Surat Balasan FIFA:

Kepada Ketua Umum PSSI,

Terima kasih banyak atas pemberitahuan terkait jadwal event yang akan dilaksanakan di Stadion GBK, Jakarta.

Setelah berkonsultasi dengan manajemen lapangan FIFA, kami menginformasikan, bahwa kami tidak dapat menyetujui jadwal yang sudah dijadwalkan.

Mengadakan dua konser dengan beberapa hari penyiapan dan pembongkaran aktivitas di lapangan permainan, tentu ini akan membuat lapangan menjadi 'stres' yang akan menghalangi kami untuk menerapkan program manajemen lapangan sesuai rencana.

Mengingat investasi signifikan yang telah disetujui pemerintah untuk dibelanjakan dalam menyediakan lapangan sepak bola berkualitas tinggi, akan menjadi kontradiktif dengan membiarkan acara ini berlangsung sedekat mungkin dengan turnamen.

Dengan ini kami mohon dengan hormat untuk menyampaikan masukan ini kepada Manajemen Stadion GBK.

Terima kasih banyak, Salam,

Christian Schmolzer

Men’s Tournament Manager FIFA

Pssi Fifa Timnas Indonesia Stadion utama gelora bung karno Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.010

Bagikan