FIFA Investigasi Selebrasi Gol Ala Burung Elang Milik Xhaka dan Shaqiri

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Minggu, 24 Juni 2018
FIFA Investigasi Selebrasi Gol Ala Burung Elang Milik Xhaka dan Shaqiri
Selebrasi gol Xhaka dan Shaqiri menuai kecaman (Twitter)

BolaSkor.com - Kemenangan Swiss 2-1 atas Serbia pada laga kedua Grup E Piala Dunia 2018, di Kaliningrad Stadium, Sabtu (23/6) waktu setempat menyisakan polemik. Selebrasi gol milik Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri dianggap sarat dengan muatan politik.

Serbia memulai laga dengan baik. Bahkan, pada menit kelima, Aleksandar Mitrovic telah mencatatkan namanya di papan skor dan membawa Serbia unggul 1-0.

Akan tetapi, pertandingan berlangsung berbeda pada babak kedua. Swiss mampu tampil menyerang dan menyamakan kedudukan pada menit ke-52 melalui tendangan jarak jauh Xhaka.

Ketika laga diprediksi akan berakhir sama kuat, Shaqiri muncul menjadi pahlawan dengan mencetak gol ke gawang Vladimir Stojkovic. Skor 2-1 bertahan hingga usai.

Kesamaan kedua gol tersebut bukan dari proses terjadinya, melainkan selebrasi dari kedua pemain. Baik Xhaka maupun Shaqiri berlari sembari membentuk sayap burung.

Merunut profil kedua pemain, Xhaka dan Shaqiri merupakan keturunan etnis Albania yang tinggal di Kosovo. Beberapa kalangan menerka selebrasi gol tersebut mengacu pada bendera Albania, negara yang kerap bersiteru dengan Serbia.

"FIFA telah membuka penyelidikan atas selebrasi gol Xhaka dan Shaqiri," ujar satu di antara wartawan BLICK, Andreas Boni.

FIFA memang tengah berupaya mendepak aksi yang berbau politik dari lapangan hijau. Bila melanggar terancam dikenankan sanksi berupa larangan bermain hingga denda.

Saat ini, Swiss menduduki posisi kedua klasemen sementara Grup E dengan perolehan poin yang sama dengan Brasil yakni empat. Pada laga terakhir, skuat asuhan Vladimir Petkovic tersebut akan bersua Kosta Rika, di Nizhny Novgorod Stadium, Kamis (28/6).

Granit Xhaka Xherdan Shaqiri Timnas Swiss Piala Dunia 2018 Breaking News
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.511

Bagikan