FIFA Larang Denmark Gunakan Jersey Bertema Hak Asasi Manusia

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 11 November 2022
FIFA Larang Denmark Gunakan Jersey Bertema Hak Asasi Manusia
Timnas Denmark (Twitter)

BolaSkor.com - Induk sepak bola dunia, FIFA, kembali mendapatkan sorotan jelang Piala Dunia 2022. Kali ini, FIFA melarang tim nasional Denmark menggunakan jersey dengan bertuliskan pesan kemanusiaan pada saat latihan.

Sebelumnya, Piala Dunia 2022 Qatar memang banyak diselimuti sentimen negatif. Latar utamanya adalah pemilihan Qatar sebagai tuan rumah yang dianggap syarat unsur politik.

Selain itu, beredar kabar ribuan orang meninggal pada saat pembangunan infrastruktur Piala Dunia 2022. Qatar dituding melanggar hak asasi manusia.

Baca Juga:

Menilik Skuad Timnas Australia di Piala Dunia 2022: Kombinasi Pemain Muda dan Senior

Profil Grup B Piala Dunia 2022: Inggris Favorit Tempati Urutan Satu

Menilik Skuad Swiss di Piala Dunia 2022: Pengalaman Pemain Liga Top Eropa

Kondisi tersebut membuat timnas Denmark yang diwakili oleh asosiasi sepak bola Denmark (DBU) ingin menyebarkan pesan melawan pelanggaran HAM. Satu di antara caranya adalah dengan menggunakan jersey bertuliskan "hak asasi manusia untuk semua" ketika berlatih.

DBU mengatakan, pada 2021 dua sponsor kit latihan membuka jalan untuk berbagi pesan-pesan kritik yang ditujukan kepada Qatar. Mereka ingin menekan kegiatan komersial untuk mempromosikan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia. Sayangnya, rencana tersebut dilarang FIFA.

"Kami hari ini mendapat pesan dari FIFA bahwa jersey latihan yang digunakan para pemain untuk berlatih, di mana ada tulisan 'hak asasi untuk semua' pada bagian perut, telah ditolak karena alasan teknis, yang sangat disesalkan," Jelas Jakob Jensen, kepala eksekutif DBU, mengatakan kepada kantor berita Ritzau.

"Kami percaya pesan 'hak asasi manusia untuk semua' bersifat universal dan bukan panggilan politik, tetapi sesuatu yang dapat didukung semua orang."

FIFA menolak berkomentar terkait larangan tersebut. FIFA meminta kepada tim Piala Dunia untuk hanya fokus kepada sepak bola dan tidak membiarkan olahraga terseret ke dalam ideologis atau masalah politik.

Pada Piala Dunia 2022, timnas Denmark merilis jersey dengan detail minim sebagai protes terhadap catatan hak asasi manusia Qatar menjelang turnamen. Denmark berada di Grup D bersama Australia, Prancis, dan Tunisia.

Timnas denmark Breaking News Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.482

Bagikan