FIFA Menyambangi PSSI, Terkait Program Pengembangan dan Piala Dunia U-20

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 07 September 2022
FIFA Menyambangi PSSI, Terkait Program Pengembangan dan Piala Dunia U-20
Perwakilan FIFA mengadakan pertemuan dengan PSSI. (PSSI)

BolaSkor.com - Perwakilan FIFA menyambangi PSSI. Agenda pertama terkait program pengembangan sepak bola.

Hal ini seperti dilaporkan PSSI di lamannya. Adalah Regional Technical Consultant dari Divisi Pengembangan Sepakbola Global FIFA, Jose Ariston Padre Caslib melakukan pertemuan dengan Direktorat Teknik PSSI di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta pada Selasa (6/9) pagi.

Pertemuan yang berlangsung hingga sore hari ini sempat disambut dan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi dan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri. Hadir pula kepala departemen pengembangan pelatih Yeyen Tumena, kepala departemen pengembangan usia muda Mundari Karya dan kepala departemen sepakbola wanita Papat Yunisal bersama staff direktorat teknik.

Tujuan kedatangan Regional Technical Consultant FIFA ke kantor PSSI sedianya untuk melihat secara langsung program pengembangan sepak bola yang dijalan PSSI melalui Direktorat Teknik, menyangkut beberapa aspek mulai dari pengembangan kepelatihan, grassroot, sepakbola wanita dan kompetisi.

Baca Juga:

PSS dan Persebaya Dihukum, Berikut Hasil Lengkap Sidang Komdis PSSI

EPA U-14 Digelar, PSSI Lengkapi Perhatian kepada Sepak Bola Usia Muda

“Dalam dua tahun terakhir PSSI sulit menjalankan beberapa program pengembangan sepakbola akibat pandemi. Tapi sejak tahun 2021 PSSI sudah bekerja keras untuk menjalankan kembali program dibawah direktorat teknik. Kedatangan konsultan FIFA sangat dibutuhkan untuk memberikan dukungan terbaik dalam menjalankan program pengembangan yang sudah dan akan dijalankan” ungkap Yunus Nusi.

Pertemuan membahas program pengembangan sepak bola. (PSSI)

Menurut Yunus Nusi, kunjungan FIFA bagian bentuk kepedulian terhadap anggotannya. FIFA berharap program di negara anggota bisa berjalan demi memajukan sepak bola dalam negeri melalui program pengembangan yang terstruktur.

Hal yang sama dikemukakan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri. Indra mengatakan bahwa kedatangan konsultan FIFA untuk saling berdiskusi dan memberikan masukan terhadap program yang sudah dijalankan, serta menyamakan persepsi dengan program-program yang tengah dijalankan FIFA untuk para anggotanya di wilayah Asia.

“Ada lima hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan sepakbola di Indonesia yakni infrastruktur, pengembangan kurikulum, pengembangan kepelatihan, pengembangan pelatih dan kompetisi. Lima hal ini perlu difokuskan dan kedatangan konsultan FIFA sangat membantu kami dalam menjawab tantangan yang muncul dalam penerapan program pengembangan ini” ujar Indra Sjafri.

Diskusi dan pengembangan program konsultan FIFA bersama Direktorat Teknik PSSI akan berlangsung selama 3 hari mulai Selasa (6/9) hingga Kamis (9/9). Agenda kunjungan akan ditutup dengan diskusi dan umpan baik dari FIFA, serta kesimpulan yang akan disampaikan diakhir kunjungan pada Kamis (9/9) nanti.

“Kedatangan konsultan FIFA bisa menjadi wadah yang baik untuk PSSI bisa berkolaborasi, berkonsultasi dan berdiskusi terkait program pengembangan sepakbola. Kerjasama ini diharapkan bisa berlanjut dan PSSI yakin dukungan dan bantuan ini akan berguna bagi sepakbola Indonesia” tutup Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Jose Ariston Padre Caslib juga datang untuk agenda lain yakni terkait Piala Dunia U-20 2023, yang akan digelar di Indonesia. Bersama Lavin Vignesh, ia berdiskusi terkait persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan hadir didampingi, Waketum Iwan Budianto, Yunus Nusi, Wasekjen Maaike Ira Puspita, dan Direktur Teknik Indra Sjafri.

"Terima kasih kepada utusan FIFA yang hadir di PSSI. Kami menyambut antusias untuk berdiskusi soal penyelenggaraan Piala Dunia U-20 ini. Banyak hal yang kita bicarakan. Yang pasti FIFA banyak memberikan masukan positif dan PSSI siap melaksanakan apa yang dianggap FIFA kurang," ujar Iriawan.

Dalam pertemuan itu juga dibahas soal rencana Presiden FIFA Gianni Infantino yang akan mengunjungi Indonesia pada November 2022. Kegiatan ini juga bertepatan dengan penyelenggaraan G20 yang diselenggarakan pada 15-16 November.

"Tentu setelah ini PSSI dan FIFA akan terus melakukan komunikasi untuk perbaikan. Dalam waktu dekat utusan FIFA juga akan lebih banyak berada di Jakarta. Sebab, mereka juga ingin tahu progres Piala Dunia U-20," terang Iriawan.

Pssi Fifa Piala dunia u-20 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan