FIFA Minta Ubah Jadwal Laga Sepak Bola di Indonesia: Hanya Sabtu-Minggu, Tak Boleh Lewat Jam 5 Sore

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 08 Oktober 2022
FIFA Minta Ubah Jadwal Laga Sepak Bola di Indonesia: Hanya Sabtu-Minggu, Tak Boleh Lewat Jam 5 Sore
Logo FIFA. (FIFA)

BolaSkor.com - Induk Sepak Bola Dunia, FIFA, meminta jadwal pertandingan sepak bola di Indonesia diubah. Hanya dilakukan Sabtu dan Minggu, dan tak boleh kick-off lewat dari jam 5 sore.

Ini berdasarkan surat resmi FIFA yang ditandatangani Presiden FIFA, Gianni Infantino kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi menyebut isi surat tersebut sebagai Transformasi Sepak Bola Indonesia, dalam pidatonya di Istana Negara, Jumat (7/10) malam WIB.

Surat tersebut bentuk respons FIFA atas Tragedi Kanjuruhan yang membuat 131 orang meninggal dunia dan 182 lainnya menderita luka-luka.

“Penjadwalan ulang waktu pertandingan dengan tujuan menghindari risiko tertentu. Ini mencakup pertimbangan jadwal pertandingan selambat-lambatnya pukul 5 sore di televisi pada hari Sabtu dan Minggu, yang mencerminkan kolerasi waktu kick-off sebelumnya dan pengurangan insiden peristiwa kekerasan di tempat lain,” tulis FIFA.

Baca Juga:

5 Poin Penting Transformasi Sepak Bola Indonesia dari FIFA

Presiden Jokowi: Sepak Bola Indonesia Tidak Dikenai Sanksi oleh FIFA

“Ini juga berguna mengurangi risiko tekanan pada infrastukur transportasi umum. Serta memfasilitasi suporter bisa datang atau meninggalkan stadion menggunakan transportasi umum. Hal ini akan lebih mudah dan aman.”

“Jadwal pertandingan harus konsisten dan terkoordinasi kehadiran personel keamanan untuk mendukung pertandingan.”

Dalam surat FIFA, ada empat poin penting aspek dalam Transformasi Sepak Bola Indonesia. Meliputi Standar Keamanan Stadion, Protokol dan Prosedur Kepolisian serta Steward, Interaksi Sosial, Jadwal Pertandingan, dan Pendamping dan Pembanding.

Nantinya, FIFA, Pemerintah Republik Indonesia, AFC, dan PSSI merumuskan poin Transformasi Sepak Bola Indonesia untuk selanjutnya menjadi kebijakan.

Fifa Pssi Gianni Infantino Jokowi Joko widodo Liga 2 Liga 3 Liga 1 Timnas Indonesia Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.014

Bagikan