FIFA Naikkan Batas Usia Sepak Bola Putra Olimpiade 2020

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 04 April 2020
FIFA Naikkan Batas Usia Sepak Bola Putra Olimpiade 2020
FIFA (Twitter)

BolaSkor.com - Pengunduran penyelenggaraan Olimpiade 2020 karena pandemi virus corona direspon FIFA dengan mengubah aturan batas usia atlet cabang sepak bola putra. Kini setiap negara boleh akan diwakili para pemain berusia di bawah 24 tahun dengan tambahan tiga pemain senior.

Sejak Olimpiade 1992, cabang sepak bola putra diwakili oleh timnas U-23. Pada edisi 2020 ini, para pemain yang bisa berpartisipasi adalah mereka yang lahir pada 1 Januari 1997 dan setelahnya.

Namun pandemi virus corona memaksa Olimpiade 2020 ditunda setahun ke depan. Regulasi terkait usia itu pun menjadi rancu.

Beberapa negara peserta seperti Korea Selatan dan Australia dengan meminta FIFA menaikkan batas usia pemain, khusus untuk Olimpiade 2020. Mereka merasa para pemain yang meloloskan negaranya dari babak kualifikasi berhak untuk tampil di putaran final.

Baca Juga:

Ditunda karena Virus Corona, 5 Bintang Muda Sepak Bola Terancam Batal Tampil di Olimpiade

Olimpiade 2020 dan Piala Afrika 2021, Dilema Besar Mohamed Salah di Liverpool

FIFA Akan Keluarkan Rp44 Triliun untuk Bantu Industri Sepak Bola Dunia Akibat Pandemi Virus Corona

Polemik batas usia ini kemudian direspon FIFA dengan membentuk tim khusus. Mereka mencari solusi terbaik untuk semua pihak.

"FIFA telah vokal menyampaikan pandangannya bahwa cabang sepak bola putra Olimpiade harus diubah formatnya menjadi U-24 setelah dikonfirmasi bahwa Tokyo 2020 diundur pada 2021," bunyi pernyataan resmi FIFA.

"Pengesahan oleh kelompok kerja FIFA menyoroti pemahaman mereka tentang keinginan asosiasi anggota yang berpartisipasi untuk menjaga impian Olimpiade bagi para pemain yang lahir pada atau setelah 1 Januari 1997 tetap hidup."

Timnas Brasil meraih medali emas Olimpiade 2016.

Keputusan ini tentu menjadi angin segar bagi para pemain kelahiran 1997. Nama-nama seperti Ousmane Dembele hingga Lautaro Martinez kini punya peluang membela negaranya pada pesta olahraga terbesar di dunia tersebut.

Fifa Olimpiade 2020
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan