FIFA Siapkan Perubahan Regulasi Peminjaman Pemain, Loan Army Chelsea Terancam

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 14 September 2018
FIFA Siapkan Perubahan Regulasi Peminjaman Pemain, Loan Army Chelsea Terancam
Kenedy, salah satu pemain pinjaman Chelsea (Zimbio)

BolaSkor.com – Evolusi regulasi tidak hanya ramai dibahas oleh UEFA (Federasi Sepak Bola Eropa) dan ECA (Asosiasi Klub-klub Eropa) saja, FIFA selaku Otoritas Tertinggi Sepak Bola Dunia juga mulai merancang kembali regulasi soal peminjaman pemain.

Sebagaimana dilansir oleh AS, FIFA tengah membahas kemungkinan adanya batas maksimal dari suatu klub meminjamkan pemainnya ke klub lain. Jika saat ini tidak ada batasan tertentu, maka nantinya tiap klub anggota FIFA hanya boleh meminjamkan maksimal delapan pemain ke klub lain.

Jika nantinya regulasi itu diterapkan, maka klub seperti Chelsea yang kerap meminjamkan pemainnya harus mulai membiasakan mengurangi jumlah pemain yang dipinjamkan ke klub lain.

Saking banyaknya Chelsea meminjamkan pemain dalam beberapa musim terakhir, dengan jumlah mencapai nominal 40 pemain, para pemain pinjaman mereka dikenal dengan istilah loan army (tentara pinjaman). Jumlah pemain yang dipinjamkan bisa dibentuk satu-tiga tim sendiri.

Chelsea Bukan Satu-satunya

The Blues bukan satu-satunya klub yang identik sebagai klub yang sering meminjamkan pemainnya. Di Serie A yang menjadikan skema peminjaman pemain sebagai ‘kultur’, Atalanta jadi model terdepan karena saat ini setidaknya ada 77 pemain yang dimiliki mereka tengah dipinjamkan ke klub lainnya.

Di Serie A, formula itu memang cukup sering digunakan guna mengakali finansial dan menghindari FFP (Financial Fair Play). Biasanya, pemain datang dengan status pinjaman dari klub lain dan di akhir musim tertera klausul pembelian.

Bahkan di tahun 2013, Parma pernah tercatat meminjamkan 379 pemain ke klub lainnya. Biasanya, pemain-pemain tersebut dibeli klub, namun Parma masih memiliki sang pemain dengan kesepakatan kontrak bersama, dan pemain-pemain tersebut dibeli oleh klub ketiga.

Melihat catatan tersebut, wajar saja jika FIFA ingin mengubah regulasi soal peminjaman pemain. Juve, peraih Scudetto tujuh kali beruntun, juga saat ini meminjamkan 40 pemainnya yang memiliki kisaran harga sebesar 105 juta euro.

Pun demikian di La Liga. Real Madrid saat ini terhitung memiliki 21 pemain yang dipinjamkan ke tim lain, seperti: James Rodriguez, Mateo Kovacic, Theo Hernandez, Andriy Lunin, Borja Mayoral, dan Achraf Hakimi. Diikuti di bawahnya Atletico Madrid (16 pemain), Barcelona (15 pemain), dan Villarreal (14).

Jika FIFA sudah menegakkan aturan tersebut, maka klub mau tak mau harus memaksimalkan pemain-pemain muda bertalenta yang dimiliki untuk dicoba dimainkan di tim utama.

Kemungkinan mereka berada lama di dalam satu klub atau tim muda juga bisa terjadi, karena kesulitan bersaing dan klub tak bisa meminjamkan mereka dengan regulasi delapan pemain yang dapat dipinjamkan.

Breaking News Fifa Pemain Pinjaman Status Pinjaman Chelsea Atalanta Real Madrid
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan