FIFA Umumkan Tiga Finalis Pelatih Terbaik Dunia 2022

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 10 Februari 2023
FIFA Umumkan Tiga Finalis Pelatih Terbaik Dunia 2022
Trofi Penghargaan FIFA. (Twitter)

BolaSkor.com - FIFA baru saja mengumumkan finalis dalam nominasi pelatih terbaik dunia 2022. Tiga juru taktik papan atas bersaing untuk menjadi pemenang.

Ketiga finalis tersebut adalah Carlo Ancelotti, Pep Guardiola, dan Lionel Scaloni. Mereka berhasil mempersembahkan gelar juara untuk timnya pada tahun lalu.

Awalnya FIFA menetapkan lima kandidat untuk dipilih dengan performa dihitung dari periode 8 Agustus 2021 hingga 18 Desember 2022. Namun daftar itu dikerucutkan menjadi tiga nama finalis yang dipilih oleh juri internasional meliputi pelatih timnas pria, kapten timnas, jurnalis, dan penggemar sepak bola yang memberikan suara di situs FIFA.

Baca Juga:

Argentina Juara Piala Dunia 2022, Brasil Masih Nomor Satu di Ranking FIFA

Gebrakan Terbaru FIFA, Piala Dunia Antarklub Akan Diikuti 32 Tim

Drawing Piala Dunia U-20 2023 Digelar pada 1 April

Guardiola merupakan langganan dalam nominasi ini. Kualitasnya sebagai pelatih jempolan tak perlu diragukan.

Sepanjang tahun lalu, Guardiola sukses mempersembahkan gelar Premier League keempat dalam lima musim terakhir. Hal itu dianggap prestasi langka mengingat sengitnya kompetisi kasta tertinggi liga Inggris.

Namun peluang Guardiola untuk menjadi pemenang pada edisi kali ini relatif kecil. Itu karena dua pesaingnya punya prestasi yang lebih mentereng.

Ancelotti berhasil mengawinkan gelar LaLiga dan Liga Champions musim lalu bersama Real Madrid. Padahal kemampuannya sempat diragukan dan dianggap sudah menurun.

Torehan tersebut membuat Ancelotti menjadi kandidat terkuat untuk memenangi penghargaan ini. Performa Madrid juga relatif stabil pada paruh pertama musim 2022-2023.

Sementara itu, Scaloni menjadi kuda hitam yang patut diwaspadai Ancelotti. Kesuksesan menjuarai Piala Dunia 2022 bersama Timnas Argentina menjadi modal utamanya.

Seperti diketahui, banyak pelatih yang gagal memaksimalkan tim beratbur bintang Argentina untuk meraih prestasi. Namun Scaloni yang belum banyak pengalaman mampu melakukannya termasuk menjuarai Copa America 2021.

FIFA akan mengumumkan pemenangnya dalam sebuah acara yang berlangsung di Paris, 27 Februari 2023. Para pemenang dari nominasi lain juga akan diumumkan pada waktu yang sama.


Finalis Pelatih Terbaik Pria FIFA 2022
Carlo Ancelotti (Italia/Real Madrid)
Pep Guardiola (Spanyol/Manchester City)
Lionel Scaloni (Argentina/Timnas Argentina)

Finalis Pelatih Terbaik Wanita FIFA 2022
Sarina Wigeman (Belanda/Timnas Inggris)
Pia Sundhage (Swedia/Timnas Brasil)
Sonia Bompastor (Prancis/Lyon)

Fifa Carlo Ancelotti Pep Guardiola Lionel Scaloni Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan