Filanesia Disempurnakan, Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2034

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 16 Desember 2022
Filanesia Disempurnakan, Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2034
Acara Diskusi Upgrade Filanesia bersama media. (Istimewa)

BolaSkor.com - PSSI terus melakukan pembaharuan Filanesia (Filosofi Sepak Bola Indonesia) demi mencapai kesempurnaan.

PSSI telah membuat Filanesia pada 2017, yang dipimpin mantan Direktur Teknik Danurwindo. Filanesia saat itu dinilai harus mengalami pembaruan untuk mencapai kesempurnaan.

Baca Juga:

Rafael Struick Jalani Proses Naturalisasi, Zico Soree Dicoret

Pendaftaran Relawan Piala Dunia U-20 2023 Indonesia Ditutup, Peminatnya Lebih dari 100 Ribu

Filanesia
Acara Diskusi Upgrade Filanesia bersama media. (Istimewa)

PSSI yang diwakilkan Direktur Teknik Indra Sjafri, Instruktur Kursus Kepelatihan Mundari Karya dan Emral Abus melakukan kerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia, untuk melakukan pembaharuan Filanesia.

“Kita berterima kasih kepada Pak Menpora (Zainudin Amali) sinergi baik ini sudah berjalan baik selama 3 tahun, terutama dalam program di departemen teknik,” kata Indra Sjafri dalam acara Diskusi Upgrade Filanesia di Hotel Mercure, Jakarta Selatan, Jumat (16/12) sore WIB.

Libatkan Expert hingga Feyenoord

PSSI
Dirtek PSSI Indra Sjafri bersama team saat menyambangi Feyenoord. (PSSI)

PSSI pun melibatkan banyak expert untuk pembaharuan Filanesia. Bahkan klub Eredivisie Belanda, Feyenoord.

Alhamdullilah ini hari ke-11 upgrade Filanesia, setelah 2017 Filanesia yang kita lakukan sebagai program khusus kita. Selama 13 hari kita evaluasi dan upgrade, melibatkan mantan pemain tim nasional, pelatih tim nasional, mantan pelatih tim nasional, pelatih fisik, pelatih kiper, psikolog, dokter, hingga fisioterapi,” kata Indra Sjafri.

“Kali ini Kami mengundang teman-teman media. Alhamdullilah saya berterima kasih kepada rekan-rekan yang memberikan pandangan dan masukan apa-apa saja yang harus diupgrade.”

“Filanesia setelah diupgrade kita ada pleno, di tanggal 21 (Desember) akan datang perwakilan Feyenoord ke sini. Mereka memberikan masukan dalam menyusun filosofi,” tambahnya.

Jadi Kurikulum

PSSI
Acara Diskusi Upgrade Filanesia bersama media. (Istimewa)

Indra Sjafri mengatakan, nantinya Filanesia bisa menjadi kurikulum yang diimplementasikan ke setiap pelatih sepak bola, hingga guru olahraga di sekolah.

“Harapan ke depan setelah diupgrade, Filanesia menjadi satu kurikulum sepak Indonesia untuk disebarkan kepada para pelatih seluruh Indonesia tentunya lewat kursus kepelatihan lisensi D,C,B, hingga A. Nantinya tidak hanya lewat kursus saja. Kita sedang memikirkan (membuat) satu aplikasi, di mana kurikulum itu bisa tersebar dengan cepat. Seperti FIFA Foundation program football for school, bisa diakses oleh semua guru hingga pelatih secara gratis,” ujar Indra Sjafri.

Timnas Indonesia Berlaga di Piala Dunia 2034

Timnas Indonesia U-17
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia U-17 di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (7/10) malam WIB. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

Indra Sjafri menambahkan, realisasi output dari kurikulum nanti dapat membentuk Timnas Indonesia yang berlaga di Piala Dunia 2034.

“Bicara kurikulum tentu persiapan mencetak generasi pemain masa depan. Ada program yang sudah kita sampaikan ke FIFA atas saran dari Pak Ketum (Mochamad Iriawan), kita menciptakan grassroot hingga menuju ke Piala Dunia 2034, dengan persiapan secara bertahap sesuai piramida perkembangan usia muda Indonesia,” tutur Indra Sjafri.

“Bicara jangka pendek, tentu bicara pemain yang ada sekarang. Kita sudah beberapa menorehkan prestasi, Timnas U-16 juara AFF walaupun tak lolos Piala Asia, lalu sepak bola Putri lolos Piala Asia, ada U-20 dan Senior masuk Piala Asia. Terakhir ranking FIFA sesuai harapan dari 176 ke-150,” tutupnya.

Pssi Filanesia Indra sjafri Timnas Indonesia Piala Dunia Piala dunia 2034 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.976

Bagikan