BolaSkor.com - Asosiasi Basket Filipina (SBP) berharap status Jordan Clarkson bisa menjadi pemain lokal seperti Brandon Jawato. Hal itu agar Clarkson bisa membela Filipina pada Piala Dunia FIBA 2023.

Filipina merupakan satu di antara tiga tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023. Dua tuan rumah lain ajang empat tahunan tersebut adalah Jepang serta Indonesia.

Clarkson merupakan andalan Filpina saat berlaga di pada Asian Games 2018. Namun, FIBA meragukan paspor pemain Utah Jazz tersebut sehingga dia absen di Piala Asia 2015 dan Piala Dunia 2019.

Baca Juga:

Timnas Basket Jadikan Kualifikasi FIBA Asia Cup sebagai Uji Coba

FIBA Asia Cup 2021 Resmi Dihelat di Indonesia

Hasilnya, SBP dan Clarkson harus meyakinkan FIBA kalau sang pemain mendapatkan paspor sebelum berusia 16 tahun. Hal itu agar dia bisa dihitung sebagai pemain lokal.

Cara lain adalah dengan membuat Clarkson menjadi pemain lokal dengan status spesial. Cara yang sama dilakukan oleh Jawato serta pemain Filipina lain, Greg Slaughter.

Keduanya tidak mendapatkan paspor sebelum berusia 16 tahun, tetapi bermain di liga profesional untuk waktu lama. Jawato lima tahun berkompetisi di Indonesia dan Slaughter 11 tahun bermain di Filipina.

Sayangnya Clarkson tidak memenuhi syarat tersebut karena bermain di NBA. Namun, SBP akan mengusahakan dengan menyebut fakta pebasket 28 tahun itu dihitung pemain lokal pada Asian Games 2018.

"Saya ingin Clarkson dihitung sebagai pemain lokal. Akan tetapi, kami harus terus berkomunikasi dengan FIBA soal hal ini," kata Presiden SBP, Al Panlilio, seperti dikutip dari Manila Times.

Andai tetap tidak mendapat persetujuan FIBA, satu-satunya cara Clarkson membela Filipina hanya lewat jalur naturalisasi. Tentu disayangkan dengan status ibunya adalah warga negara Filipina.