Final Copa America 2019: Tekuk Peru, Brasil Juara untuk Kali Pertama Sejak 2007

Arief HadiArief Hadi - Senin, 08 Juli 2019
Final Copa America 2019: Tekuk Peru, Brasil Juara untuk Kali Pertama Sejak 2007
Timnas Brasil (@CBF_Futebol)

BolaSkor.com - Tuan rumah Copa America 2019, timnas Brasil, keluar sebagai juara turnamen melalui kemenangan meyakinkan atas Peru di final yang berlangsung di Estadio Maracana, Senin (8/7) dini hari WIB. Tidak tanggung-tanggung, Brasil menang 3-1.

Brasil arahan Tite turun dengan taktik 4-2-3-1 dan mengandalkan Roberto Firmino di lini depan yang disokong pergerakan Gabriel Jesus, Philippe Coutinho, dan Everton. Peru pun turun dengan taktik yang sama dan mengandalkan striker veteran, Paulo Guerrero, sebagai ujung tombak.

Brasil bermain dengan nyaman menghadapi lawan yang mereka lumat dengan skor 5-0 di fase grup. Brasil mendominasi penguasaan hingga 55 persen, melepaskan 12 percobaan tendangan, dan tiga tepat sasaran. Sementara Peru melepaskan tujuh tendangan dan dua tepat sasaran.

Baru 15 menit laga berjalan, Everton Soares sudah mencetak gol kala menerima umpan silang dari Gabriel Jesus. Momentum itu berlanjut melalui gol kedua Brasil yang dicetak oleh Jesus tepat jelang pertandingan di paruh pertama berakhir.

Baca Juga:

Lionel Messi Blak-blakan Tuding Adanya Korupsi dan Mafia Wasit yang Menguntungkan Brasil

Kontroversi Semifinal Copa America 2019: Berbau Unsur Politik dan Protes Argentina

3 Hal yang Menarik Diperhatikan Jelang Final Copa America 2019

Gabriel Jesus

Akan tapi sebelum gol striker Manchester City itu tercipta, Peru sempat memperkecil ketertinggalan melalui gol penalti yang dicetak Guerrero di menit 44. Penalti diberikan pasca VAR (Video Asisten Wasit) melihat adanya handball yang dilakukan Thiago Silva di area terlarang.

Paruh pertama berakhir dengan kedudukan 2-1 untuk keunggulan Brasil. Peru tidak banyak merepotkan Brasil meski bermain agresif dan mencoba menekan lawan hingga mereka tak leluasa mengontrol bola.

Di babak kedua, Tite memainkan Richarlison, Eder Militao, dan Allan. Jalannya laga di paruh kedua tampak relatif membosankan. Brasil, yang sudah unggul 2-1, bermain aman mencegah Peru melakukan serangan balik.

Drama baru terjadi di menit 70. Jesus menerima kartu kuning kedua pasca melanggar Carlos Zambrano dan diusir wasit. Sembari menangis, Jesus keluar meninggalkan lapangan dengan menendang botol minuman dan mendorong monitor VAR.

Gabriel Jesus luapkan emosi

Brasil tetap dominan meski bermain dengan 10 pemain. Malah, mereka menutup kemenangan melalui gol ketiga yang dicetak pemain pengganti, Richarlison, melalui titik putih pasca Zambrano melanggar Everton di area 16 meter.

Tanpa ampun, penyerang Everton itu mengonversi gol ke gawang Pedro Gallese. Kedudukan menjadi 3-1 dan bertahan hingga laga bubar. Brasil, untuk kali pertama sejak 2007, memenangi titel Copa America 2019.

Susunan Pemain:

Brasil (4-2-3-1): Alisson Becker; Alex Sandro, Thiago Silva, Marquinhos, Dani Alves; Casemiro, Arthur, Everton Soares, Philippe Coutino, Gabriel Jesus; Roberto Firmino

Pelatih: Tite

Peru (4-2-3-1): Pedro Gallese; Miguel Trauco, Luis Abram, Carlos Zambrano, Luis Advincula; Yoshimar Yotun, Renato Tapia, Andre Carrillo, Christian Cueva, Edison Flores; Paulo Guerrero

Pelatih: Ricardo Gareca

Breaking News Timnas Brasil Timnas peru Copa America
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.127

Bagikan