Final Copa Libertadores Berlangsung di Santiago Bernabeu, Fans Diimbau Tidak Rusuh

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 30 November 2018
Final Copa Libertadores Berlangsung di Santiago Bernabeu, Fans Diimbau Tidak Rusuh
Superclasico akan berlangsung di Santiago Bernabeu (Zimbio)

BolaSkor.com – Final Copa Libertadores 2018 akhirnya diputuskan berlangsung di Santiago Bernabeu yang notabene markas Real Madrid. Setelah menimbang banyak hal, CONMEBOL memutuskan final antara River Plate kontra Boca Juniors berlangsung di luar Argentina.

Laga Superclasico antara dua klub besar dan bersejarah Argentina baru kali ini terjadi dalam sejarah final Copa Libertadores, turnamen yang bisa disebut sebagai Liga Champions-nya Amerika Selatan.

Leg pertama berlangsung di La Bombonera dan berakhir dengan skor sama kuat 2-2. Leg kedua pun seharusnya berlangsung akhir pekan lalu, namun, karena situasi yang tidak kondusif, laga ditunda.

Bus yang berisikan staf kepelatihan dan para pemain Boca dihujani dengan lemparan batu, botol, benda-benda tumpul, hingga gas asap oleh oknum fans River. Kaca bus pecah dan beberapa serpihannya mengenai pemain tim, mata beberapa pemain lainnya juga kesakitan karena gas asap tersebut.

Sepak bola Argentina dikatakan kembali mengalami kemunduran akibat ulah fans itu. Kepercayaan publik, yang tadinya percaya fans bisa bersikap dengan benar dalam menyaksikan tim kesayangannya bertanding, rusak karena serangan ke bus Boca yang juga berisikan eks pemain Manchester United, Manchester City, dan Juventus, Carlos Tevez.

Leg kedua diputuskan berlangsung di Bernabeu. Presiden CONMEBOL, Alejandro Dominguez, berharap fans tidak rusuh dan berulah di Spanyol.

“Keputusan administrator adalah pertandingan dimainkan dengan keberadaan suporter kedua klub di Kota Madrid, di Stadion Bernabeu. Laga itu dihelat Minggu, 9 Desember,” ucap Dominguez, diberitakan Goal.

“Spanyol adalah negara dengan populasi orang Argentina terbesar di luar negeri. Madrid salah satu dari 10 kota teraman di dunia dan punya kultur sepak bola yang bagus. Saya ingin semuanya yang pergi ke sana memperlihatkan caranya menikmati sepak bola.”

“Saya bersimpati kepada pemain-pemain (Boca) yang cedera, dan saya sama sekali tidak menerima hal yang sudah terjadi (ulah fans River). Sepak bola tidak akan pernah dinodai oleh orang-orang yang tidak bermoral, sepak bola akan terus bergulir,” tegas Dominguez.

Berlangsung pada Minggu (9/12), pemenang laga antara Boca dengan River nanti akan bermain di semifinal Piala Dunia Antarklub pada 18 Desember mendatang, bersama dengan Real Madrid yang berstatus juara Liga Champions.

Breaking News Copa Libertadores River Plate Boca Juniors Santiago bernabeau
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan