Final Kejuaraan Futsal Nasional Akan Digelar Di Bandung- Bandung akan jadi tempat penyelenggaraan Babak Final Kejuaraan Futsal Nasional yang memperebutkan Piala Menpora pada 18-20 November 2016.

Selain mencari juara, dalam babak final pun akan ditentukan pemain terbaik turnamen. Lima pemain terbaik dalam turnamen tersebut akan mendapatkan hadiah pendidikan dari sponsor turnamen. Penentuan lima pemain terbaik itu sendiri melibatkan pemantau bakat Vernnard Hutabarat dan pelatih timnas futsal Indonesia, Andri Irawan.

"Sangat potensi buat kejutan baru dengan hasil ini. Banyak pemain muda bertalenta seperti Ardiansyah Runtuboy di PSFC yang kini sudah menjadi bagian dari timnas futsal Indonesia," kata Vernnard yang juga mengaku pihaknya akan sulit menetukan lima pemain terbaik dari 8784 pemain yang terlibat dalam turnamen.

"kegiatan ini juga menjaga potensi atlet futsal Indonesia ke depannya," sambung dia dalam konferensi pers di Auditorium Kemenpora, Jakarta, Rabu (16/11/16).

Sementara itu Presiden PT Amerta Indah Otsuka, Yoshihiro Bando, mengatakan lima pemain terbaik akan mendapatkan beasiswa untuk kuliah.

Sementara itu Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Raden Isnanta mengatakan pihaknya senang dan bangga akan keterlibatan swasta dalam mendorong kompetisi olahraga seperti futsal.

"Kemenpora tidak cukup leluasa dari sisi anggaran untuk menggerakkan semua pelajar di Indonesia. Melalui event ini, pelajar punya tempat untuk mengaktualisasikan kemampuan mereka di cabor futsal," kata Isnanta.

Isnantan mengungkapkan saat ini perkembangan futsal di Indonesia saat ini begitu pesat dan menjanjikan dalam hal prestasi dibandingkan sepak bola lapangan. Postur tubuh pemain yang tidak terlalu tinggi menjadi kunci utama atlet futsal Merah Putih.

Gelar kejuaraan nasional yang ketujuh tersebut diikuti 729 tim dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dari 50 titik di 19 wilayah berbeda di wilayah Indonesia.

Ke depannya, kata Isnantan, Kemenpora berharap lebih banyak lagi wilayah yang terlibat untuk lebih meluaskan pembinaan dan pembibitn atlet futsal nasional.