BolaSkor.com - Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, memuji koleganya Jurgen Klopp sebagai perwakilan dari generasi baru pelatih yang mengubah wajah sepak bola Eropa. Keduanya kembali bertemu di final Liga Champions.

Empat tahun setelah kalah 1-3 di final Liga Champions yang dihelat di Ukraina, Liverpool kembali menghadapi Madrid di final Liga Champions 2021-2022 yang akan dimainkan di Stade de France, Prancis, pada Minggu (29/05) pukul 02.00 dini hari WIB.

Tidak banyak perubahan signifikan dari kedua tim dalam kurun waktu empat tahun terakhir ini. Sebagian besar skuad masih memiliki pemain-pemain yang sama dengan beberapa perubahan, serta mereka yang pergi seperti Sergio Ramos dan Georginio Wijnaldum.

Beberapa pemain baru juga akan meramaikan final seperti Eduardo Camavinga, David Alaba, Luis Diaz. Sementara dari sisi pelatih ada perbedaan di kubu Madrid. Pada 2018 mereka dilatih Zinedine Zidane dan kini Madrid kembali dilatih oleh Ancelotti, sementara Liverpool masih diasuh Jurgen Klopp.

Baca Juga:

Final Liga Champions: Tak Tertekan, Benzema Tuturkan Cara Kalahkan Liverpool

Liverpool Pikir Mereka Sudah Menang Atas Real Madrid

Klopp sudah melatih Liverpool sejak 2015 dan membentuk tim tangguh yang sulit dikalahkan di Inggris serta Eropa. Klopp mewakili generasi baru pelatih dengan gaya bermain pressing ala sepak bola Jerman.

Klopp, Thomas Tuchel, Hans-Dieter Flick, Julian Nagelsmann, Pep Guardiola, merupakan pelatih-pelatih yang memberi warna baru pada sepak bola Eropa dan itu diakui oleh Ancelotti.

Ancelotti (62 tahun) sudah menjadi pelatih sepak bola sejak 1995 dan menjadi saksi langsung perubahan sepak bola ke era sepak bola modern.

“Para pelatih ini telah membawa sepak bola ke tempat yang baru, terutama mengenai sekolah Jerman. Ada lebih banyak intensitas dan tekanan, tim yang lebih ofensif," tutur Ancelotti dikutip dari Marca.

“Saya tidak berpikir saya dari generasi lama. Saya pikir saya mengikuti perubahan dalam sepak bola dan akan terus melakukannya. Mempertimbangkan karakteristik pemain yang Anda miliki, itu yang paling penting.”

Ancelotti juga membeberkan kondisi skuad Madrid jelang lawan Liverpool. Dia melihat motivasi kuat dari timnya dan ingin Madrid menikmati momen di final Liga Champions.

“Seluruh skuat dalam kondisi baik, dengan semangat yang luar biasa,” tambah Ancelotti.

“Motivasinya luar biasa. Ini adalah pertandingan terbesar di dunia sepak bola. Klub ini telah mencapai final kelima dalam delapan tahun. Kami semua Madridista bangga dengan klub ini."

“Penting untuk menikmatinya dan mempersiapkan diri dengan baik. Saat ini kami tenang, menikmati suasana yang baik. Semakin dekat kami ke permainan, semakin banyak kekhawatiran akan datang. Tapi itu normal," pungkas Ancelotti.