Final Liga Champions: Menilik Opsi Zidane di Kiev

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 25 Mei 2018
Final Liga Champions: Menilik Opsi Zidane di Kiev
Trio Gareth Bale, Cristiano Ronaldo, dan Karim Benzema (Zimbio)

BolaSkor.com - Real Madrid berpeluang kembali menjadi kampiun Liga Champions untuk ketiga kalinya secara beruntun. Namun, untuk itu Los Blancos harus bisa mengatasi perlawanan Liverpool pada laga final di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev, Minggu (27/5) dinihari WIB.

Karenanya menarik untuk menerka skema, taktik, formasi, dan pemain yang akan dipilih pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. Situasi Zidane sedikit berbeda dengan Jurgen Klopp, arsitek Liverpool, yang tampaknya akan tetap setia dengan skema pemain yang mengandalkan trio Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Sadio Mane.

Sepanjang musim ini, Madrid acap berganti formasi terkait dengan cedera yang menimpa beberapa pemain. Madrid dikenal berbahaya dengan pola 4-3-3 saat trio Gareth Bale-Karim Benzema-Cristiano Ronaldo di lini depan dalam kondisi sehat. Namun, Madrid juga sempat menggunakan formasi dasar 4-3-1-2, yang biasa dipakai kala Bale menepi karena cedera.

Sepanjang tiga musim terakhir, Madrid memang bisa dikatakan memiliki dua skema dasar; 4-3-3 dan 4-3-1-2. Menarik ditunggu skema apa yang bakal dipakai Zidane saat menghadapi Liverpool. Melihat permainan Liverpool yang agresif, besar kemungkinan Zidane akan memilih 4-3-1-2 dengan Isco menjadi jembatan antara lini tengah dan depan.

Memadatkan lini tengah sejatinya menjadi pilihan paling tepat bagi Madrid. Tujuannya tak lain untuk membuat para gelandang Liverpool tak nyaman mengusai bola dan menjadi tak cermat dalam mengalirkan bola.

Hal menarik lain kubu Madrid adalah pilihan siapa yang bakal menjadi pendamping Cristiano Ronaldo. Bisa dibilang saat ini Zidane dihadapkan pilihan yang sulit karena memiliki tiga pemain berkualitas yang mengusung permainan berbeda; Benzema, Bale, dan Isco. Paling tidak ada tiga opsi yang bisa dipilih Zidane terkait dalam urusan lini serang; Ronaldo-Benzema-Bale, Ronaldo-Bale-Isco, atau Ronaldo-Benzema-Isco.

Yang pasti apapun pilihan Zidane, laga puncak Liga Champions kali ini bakal berjalan sengit dan menarik.

Final liga champions Real Madrid Liverpool
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan