Final Liga Champions: Rekam Jejak Jurgen Klopp Hantui Liverpool

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 25 Mei 2018
Final Liga Champions: Rekam Jejak Jurgen Klopp Hantui Liverpool
Jurgen Klopp (Zimbio)

BolaSkor.com - Liverpool akan menantang sang juara bertahan Real Madrid pada laga puncak Liga Champions yang digelar di NSC Olimpiyskiy, Kiev, Minggu (27/5) dini hari WIB. Liverpool harus menutup mata terkait catatan buruk milik sang manajer, Jurgen Klopp di laga final.

Ya, Klopp memang memiliki riwayat tak sedap pada partai puncak kompetisi antarklub Eropa. Sepanjang enam tahun belakangan, Klopp sudah dua kali membawa tim asuhannya tampil di final kompetisi Eropa, Borussia Dortmund di Liga Champions dan Liverpool di ajang Liga Europa.

Pada 2013, saat menukangi Dortmund, Klopp menantang Bayern Munchen di final Liga Champions. Selang tiga tahun kemudian, Klopp bersama Liverpool tampil di final Liga Europa melawan Sevilla. Dalam dua kesempatan tersebut, pasukan Klopp selalu menelan kekalahan. Dortmund kalah 1-2 di tangan Bayern dan Liverpool keok 1-3 dari Sevilla.

Kini, Kloop sukses kembali membawa armadanya ke laga pemuncak. Akankah Klopp bisa membayar dua hasil buruk di final sebelumnya? Tentu tak mudah. Pasalnya, jika melihat catatan sejarah, sang lawan memiliki rapor sangat apik.

Los Blancos mampu tiga kali tampil di final Liga Champions dalam empat tahun terakhir. Hasilnya? El Real selalu membawa pulang trofi.

Bagi kubu Liverpool, hasil buruk yang dicatat Klopp dalam dua final di Eropa, justru bakal menjadi vitamin pada laga nanti. "Saya ingat malam saat laga melawan Sevilla. Anda bisa melihat bagaimana Klopp membuat tim lebih baik sejak kekalahan itu," ungkap Jordan Henderson kepada BBC Sport.

"Klopp menggunakan pengalamannya di final untuk membuat kami terus bersama dan menjadi positif. Ketika kami mendapatkan final lain, kami akan siap," lanjut Henderson.

Breaking News Final liga champions Liverpool Jurgen Klopp
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan