Final Piala FA: De Gea Jadi Sorotan, Sudah Saatnya Man United Rekrut Kiper Baru

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 04 Juni 2023
Final Piala FA: De Gea Jadi Sorotan, Sudah Saatnya Man United Rekrut Kiper Baru
David De Gea (Twitter)

BolaSkor.com - Musim 2022-2023 di Inggris ditutup dengan final Piala FA yang dimainkan di Wembley, Sabtu (03/06) malam WIB. Manchester City mengalahkan rival sekota, Manchester United, dengan skor 2-1.

Ilkay Gundogan mencetak dua gol untuk The Citizens (1' 51') dan Man United sempat memperkecilnya dari gol penalti Bruno Fernandes (33'). Pada akhirnya Man City arahan Pep Guardiola memperlihatkan pengalaman dalam memenangi pertandingan.

Perjalanan Man City meraih treble winners bersejarah terbuka lebar usai memenangi Premier League dan Piala FA. Satu trofi tersisa di Liga Champions kala mereka melawan Inter Milan di final yang dimainkan di Istanbul, Turki, pada 11 Juni 2023.

Dengan hasil itu juga Man United kini kalah di final Piala FA lebih banyak dibanding tim lainnya (9 kali), sedangkan Man City memenangi Piala FA ketujuh dan berada di urutan keenam peraih trofi terbanyak dalam sejarah kompetisi.

Baca juga:

Hasil Pertandingan dan Klasemen Akhir Premier League: Leeds United dan Leicester Turun Kasta

Roy Keane Kecam Selebrasi Golden Glove David De Gea

Trofi Membuktikan, Musim Ini Manchester United Lebih Baik daripada Arsenal

Gawang yang dijaga David De Gea dua kali dijebol Ilkay Gundogan (Twitter)

Akan tapi sorotan setelah laga berakhir tidak hanya soal statistik dan hasil pertandingan, melainkan juga kiper Man United, David De Gea yang kembali jadi sorotan - sampai viral di media sosial.

Sorotan khusus terlihat di gol kedua ketika Gundogan menendang bola dari luar kotak penalti. Bola yang datang tidak kuat tapi mengarah ke sisi kanan gawang Man United dan datang di antara pemain-pemain Man United.

Pada momen itu kiper berusia 32 tahun seyogyanya dapat menepis bola dan ini bukan kali pertama terjadi, seperti saat West Ham United menang 1-0 atas Man United beberapa waktu lalu. Sepakan dari Said Benrahma lemah tapi De Gea tak bisa menepisnya.

Dengan kontrak yang berakhir pada 30 Juni 2023, De Gea dinilai tidak lagi layak jadi kiper utama Man United terutamanya dengan blunder-blunder yang dibuatnya, meski ia terpilih sebagai peraih Sarung Tangan Emas Premier League 2022-2023 (Kiper Terbaik).

Legenda Man United yang berposisi sebagai kiper dahulu, Peter Schmeichel, mengkritik De Gea dan menilai ia seharusnya dapat menepis peluang dari Gundogan.

"Secara personal, saya pikir De Gea seharusnya menepisnya (gol kedua Gundogan)," ucap Schmeichel kepada BBC Sport.

"Dia seharusnya tampil lebih baik. Saya sangat terkejut itu (gol kedua Gundogan) terjadi. Dia tidak mengikuti (ritme) pertandingan," terangnya.

Legenda Man United lainnya yang kini jadi pandit sepak bola, Roy Keane, sampai lelah mengutarakannya sekaligus bersikukuh dengan keputusannya sebelumnya: Man United butuh kiper baru dan De Gea seharusnya pergi.

"United harus mendapatkan kiper baru. Mereka membutuhkan striker kelas dunia dan kiper baru," tegas Keane.

"Mereka membutuhkan beberapa pemain lain dan kekuatan untuk kedalaman skuad, tetapi mereka membutuhkan kiper baru dan striker kelas dunia. Saya muak mengatakannya."

"Itulah masalahnya dengan penjaga gawang top, mereka membuat Anda melewati batas dalam permainan tertentu dan bisa menjadi pembeda hari ini."

"Anda mengharapkan penjaga Anda untuk menyelamatkannya dan dia tidak melakukannya dan itulah mengapa kita melihat perayaan (Man City) ini. Untuk Man United, mereka membutuhkan penjaga gawang kelas dunia dan dia bukan," urainya.

David De Gea Manchester City Derby Manchester Manchester United Piala FA
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan