Final Piala Liga: Manchester United Melawan Eddie Howe dan Harga Diri Pelatih Lokal

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 26 Februari 2023
Final Piala Liga: Manchester United Melawan Eddie Howe dan Harga Diri Pelatih Lokal
Eddie Howe, pelatih Newcastle United (Twitter)

BolaSkor.com - Final Piala Liga 2022-2023 akan dimainkan di Wembley pada Minggu (26/02) pukul 23.30 dini hari WIB. Pertandingan akan mempertemukan dua tim Premier League, Manchester United dan Newcastle United.

Kedua tim sama-sama sedang on fire alias dalam momentum bagus dan berada di empat besar Premier League. Red Devils juga masih bertarung di empat kompetisi yakni Piala Liga, Piala FA, Premier League, dan Liga Europa.

Di atas kertas dan kualitas skuad, Man United unggulan. Akan tapi Man United tidak hanya melawan Newcastle saja karena seluruh Inggris 'mendukung' Eddie Howe untuk jadi juara. Ada pride atau harga diri pelatih lokal jelang laga final.

Terakhir kali pelatih lokal atau Inggris memenangi trofi besar dengan klub Inggris terjadi pada 2008 silam, ketika Harry Redknapp membawa Portsmouth menjuarai Piala FA. Sementara untuk Newcastle terakhir memenangi trofi terjadi pada 1969.

Baca Juga:

Final Piala Liga: Tidak Ada Parade Juara untuk Manchester United

Misi Manchester United: Jumat Depak Barcelona, Minggu Waktunya Angkat Piala

Nostalgia - Mengenang Kejayaan Terakhir Manchester United di Piala Liga

Semenjak itu banyak nama-nama besar pelatih membesut Newcastle dari Sir Bobby Robson, Kevin Keegan, dan Rafael Benitez, tetapi mereka gagal memberikan trofi untuk Newcastle. Howe yakin para pemainnya tak terbebani dengan sejarah di masa lalu itu.

"Saya tidak merasa para pemain terbebani oleh sejarah – mereka merasakannya sebagai motivasi potensial. Kami membuat mereka sadar sebelum dimulainya kompetisi ini bahwa sudah lama menunggu trofi dan saya pikir mereka semua mengerti itu. Saya pikir itu hal yang luar biasa yang kami miliki sebagai alat yang memotivasi," yakin Howe dikutip dari Guardian.

"Itu akan sangat berarti bagi saya, tetapi akan lebih untuk para suporter, untuk semua orang yang berhubungan dengan Newcastle, jika kami mampu melakukannya,” tambah Howe.

"Mereka sudah menunggu lama dan saya tahu hanya dari hubungan saya dengan orang-orang di sekitar kota, cinta yang mereka miliki untuk klub sepak bola. Saya ingin membalas cinta itu dengan piala.
"Sejak datang ke Newcastle, sejak hari pertama, saya merasa baik. Saya merasakan kepuasan batin di sini. Saya merasa nyaman dengan lingkungan saya," terangnya.

Newcastle juga punya catatan buruk dengan kekalahan di delapan laga terakhir di Wembley - catatan terpanjang dalam sejarah Wembley.

Manchester United Newcastle United Piala Liga Piala Liga Inggris Eddie Howe
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.127

Bagikan