BolaSkor.com - Tim Nasional Portugal harus susah payah untuk sekadar lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020. Namun secara tak langsung, tim asuhan Fernando Santos tersebut tengah menapaki kesuksesan lima tahun silam.

Portugal hanya mampu finis di peringkat ketiga pada klasemen akhir grup F. Mereka kalah bersaing dengan Prancis dan Jerman yang menempati posisi dua teratas.

Raihan poin dan selisih gol Portugal sebenarnya sama dengan yang dikumpulkan Jerman. Namun Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan kalah head to head usai takluk 2-4 dari Der Panzer.

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Akhir Grup F Piala Eropa 2020: Prancis Nomor Satu, Jerman Selamat dari Lubang Jarum

Samai Rekor Internasional, Cristiano Ronaldo Dapat Ucapan Selamat dari Ali Daei

Piala Eropa 2020: Portugal Vs Prancis, Les Bleus Mendominasi

Timnas Portugal

Beruntungnya, Portugal masih mendapatkan tiket ke babak 16 besar. Mereka menjadi satu dari empat peringkat ketiga terbaik yang juga berhak melaju ke fase gugur.

Hasil ini tentu diluar ekspektasi Portugal. Sebagai juara bertahan, mereka harusnya bisa tampil lebih meyakinkan meski tergabung di grup neraka.

Namun jika dilihat dari sisi positif, apa yang dialami Portugal sekarang sangat mirip dengan yang terjadi pada Piala Eropa 2016. Saat itu Selecao das Quinas juga tampil meragukan di fase grup.

Seperti sebuah kebetulan, Portugal juga tergabung di grup F bersama Hungaria lima tahun lalu. Langkah mereka bahkan lebih buruk karena hanya mampu meraih tiga poin hasil tiga kali imbang.

Raihan tiga poin tersebut untungnya cukup membawa Portugal ke babak 16 besar. Mereka finis sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik.

Memasuki fase gugur, performa Portugal sebenarnya tak banyak berubah. Mereka mampu melaju ke semifinal setelah mengalahkan Kroasia lewat perpanjangan waktu dan adu penalti kontra Polandia.

Portugal baru terlihat tampil meyakinkan saat mengalahkan Wales dengan skor 2-0 pada babak semifinal. Sementara kemenangan atas Prancis di partai puncak butuh sumbangan gol Eder pada babak perpanjangan waktu.

Jalan Lebih Terjal

Meski memiliki rekam jejak yang mirip di fase grup, jalan Portugal menuju final Piala Eropa 2020 dipastikan akan jauh lebih terjal. Belgia yang berstatus peringkat satu dunia langsung menjadi lawan mereka di babak 16 besar.

Jika mampu melewati Belgia, Portugal kemungkinan akan bertemu Italia di perempat final. Duel ulangan kontra Prancis juga berpotensi terjadi andai lolos ke semifinal.

Santos sendiri masih enggan berpikir terlalu jauh terkait peluang timnya mempertahankan gelar juara. Kini tim asuhannya akan fokus mempersiapkan diri untuk laga kontra Belgia.

"Sekarang kita harus memikirkan Belgia, yang merupakan lawan tangguh. Jika kita melihat peringkat, mereka adalah yang pertama," kata Santos di situs resmi UEFA.

"Namun mari kita evaluasi dan sadari apa yang harus kita lakukan untuk pertandingan ini."

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini