Flores dan Enrique Kandidat Kuat Pengganti Hierro di Timnas Spanyol

Arief HadiArief Hadi - Senin, 02 Juli 2018
Flores dan Enrique Kandidat Kuat Pengganti Hierro di Timnas Spanyol
Quique Sanchez Flores kandidat pengganti Fernando Hierro di timnas Spanyol (Zimbio)

BolaSkor.com - Timnas Spanyol tak mampu bertahan lama di Piala Dunia 2018. Perjalanan La Furia Roja terhenti di 16 besar oleh tuan rumah, Rusia. Imbang 1-1 di waktu normal plus babak tambahan, Spanyol kalah 3-4 pada drama adu penalti.

Tersingkirnya Spanyol menjadi akhir perjalanan gelandang berusia 34 tahun, Andres Iniesta - pahlawan kemenangan Spanyol saat meraih titel Piala Dunia 2010. Kemungkinan besar, Fernando Hierro juga akan mengikuti jejak Iniesta.

Hierro merupakan pelatih sementara yang ditunjuk RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol) sebagai pengganti Julen Lopetegui. Tugasnya telah berakhir seiring tersingkirnya Spanyol dari Piala Dunia 2018.

"Sudah menjadi suatu kehormatan melatih tim ini (Spanyol). Bertahan bukan merupakan keputusan saya. Setelah tersingkir, masa depan saya tidaklah penting," tutur Hierro pasca laga melawan Rusia.

Kandidat pengganti Hierro langsung muncul ke permukaan. Beberapa di antaranya adalah: Luis Enrique, Michel, Paco Jemez, Unai Emery, Rafael Benitez, dan Quique Sanchez Flores. Diyakini AS (2/7), Enrique atau Flores paling berpeluang besar menangani Sergio Ramos dan kawan-kawan.

Keduanya sama-sama tidak sedang terikat kontrak dengan klub dan sarat pengalaman. Flores pernah melatih Valencia, Benfica, Atletico Madrid, dan Espanyol. Sementara Enrique melatih Roma, Celta Vigo, dan sukses dengan Barcelona pada medio 2014-2017.

Membandingkan keduanya, Enrique sedikit memiliki keunggulan karena dia pernah meraih sukses besar dengan Barcelona, sementara Flores tidak lagi pernah meraih titel prestisius usai mendapatkan trofi Liga Europa bersama Atletico di musim 2009/10.

Siapapun pengganti Hierro nantinya, RFEF seharusnya memilih pelatih yang dapat membawa Spanyol 'move on' dari permainan tiki-taka: penguasaan bola dengan kombinasi operan pendek. Pasalnya, sejak terakhir meraih titel Piala Dunia 2010 dan Euro 2012, permainan Spanyol itu bisa dibilang basi karena lawan telah menemukan cara menghentikannya.

Breaking News Timnas Spanyol Fernando Hierro Piala Dunia 2018 Luis enrique Quique Sanchez Flores
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan