Followers Instagram 'Pahlawan' Timnas Indonesia Meningkat Tajam

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 26 Januari 2024
Followers Instagram 'Pahlawan' Timnas Indonesia Meningkat Tajam
Joel Kojo, striker timnas Kirgistan (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia untuk kali pertama mengamankan tempat di 16 besar Piala Asia. Tim Garuda mendapatkannya melalui salah satu dari empat tim dengan peringkat tiga terbaik, memastikan Indonesia lolos bersama Palestina, Suriah, dan Yordania.

Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan menempati urutan tiga grup D di bawah Irak (sembilan poin) dan Jepang (enam poin). Di 16 besar, Indonesia akan melawan Australia di Jassim Bin Hamad Stadium, Minggu (28/01) pukul 18.30 WIB.

Faktor eksternal juga turut memengaruhi perjalanan Indonesia menuju 16 besar. Dua pemain dari negara lain bak menjadi pahlawan bagi Indonesia, yakni Hassan Al Haydos dan Joel Kojo.

Al Haydos mencetak gol tunggal kemenangan 1-0 Qatar atas China, hingga China hanya meraih dua poin. Sementara Kojo, striker Kirgistan, mencetak gol yang mengagalkan kemenangan Oman dan laga berakhir imbang 1-1.

Baca Juga:

Komentar Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia Cetak Sejarah Lolos ke 16 Besar Piala Asia

Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Menantang Australia di Babak 16 Besar

Kirgistan seyogyanya sudah tak memiliki target apapun di laga terakhir grup F setelah kalah dua kali beruntun. Tetapi mereka profesional bermain dan membuat laga imbang di Abdullah bin Khalifa Stadium.

Alhasil, Oman pun - sama dengan China - hanya meraih dua poin dan berada di bawah Indonesia pada daftar tim peringkat tiga terbaik turnamen.

Followers Joel Kojo meningkat signifikan (Instagram)

Dampak dari gol Kojo itu pun signifikan. Dari pantauan BolaSkor.com, jumlah pengikut Kojo di Instagram meningkat drastis dari 22.900 menjadi 162.000 dan itu adalah efek dari warganet asal Indonesia.

"Joel Kojo sekeluarga silahkan liburan gratis di Indonesia, terkusus di Bali gratis di tanggung warga Indonesia," tutur pengguna akun @klayer29.

"Tolong buatkan patung pahlawan sepak bola Indonesia, agar kelak bisa dikenang sama generasi selanjutnya," tambah @garut_turunankidul.

"Terima kasih, Joel Kojo, berkat gol Anda melawan Oman (1-1), Indonesia dipastikan lolos 16 besar," imbuh @icatt_manangin.

Lahir di Ghana pada 21 Agustus 1998, Kojo (25 tahun) dipanggil Kirigistan pada 2023 dan saat ini bermain di klub Uzbekistan, Dinamo Samarqand. Sejauh ini ia memiliki 13 caps dengan catatan empat gol.

Piala Asia 2023 Timnas Indonesia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.265

Bagikan