Ford Resmi Gabung Formula 1

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 04 Februari 2023
Ford Resmi Gabung Formula 1

BolaSkor.com - Kabar mengejutkan datang dari produsen mobil asal Amerika Serikat, Ford. Pabrikan tersebut dengan resmi memutuskan gabung ke Formula 1 di musim 2026.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya sempat beredar kabar bahwa Ford berwacana untuk turun di abalapan jet darat tersebut. Namun Ford belum memberikan keputusan final terkait hal tersebut.

Pada Jumat (3/2) Ford akhirnya mengumumkan keputusan finalnya. Mereka akan turun sebagai tim penuh dengan menggandeng Red Bull Racing.

“Ini merupakan awal dari babak baru yang mencengangkan di sajarah balap Ford yang di mulai dari Hendry Ford yang memena bukan balapan dan menolong peluncuran perusahaan kami,” ujar Bull Ford, Direktur Eksekutif Ford Motor Company.

“Ford bersama sang juara dunia, Oracle Red Bull Racing, kembali ke kasta tertinggi balap mobil, membawa inovasi tradisional Ford ya g panjang, kesinambungan, dan elektrikal dari salah satu babak yang tampak di dunia,” lanjutnya.

Kepala tim Red Bull Racing, Christian Horner turut membenarkan kabar tersebut. Pria berumur 49 tahun ini mengaku senang dan mengapresiasi langkah Ford bergabung dengan keluarga besar Red Bull Racing.

“Sangat luar biasa bisa menyambut Ford kembali ke Formula 1 melalui kerjasama ini. Sebagai pabrikan mesin independen yang memiliki kemampuan untuk memanfaatkan pengalaman OEM seperti Ford, dapat menempatkan kami dalam posisi baik dalam menghadapi persaingan,” tutur Horner.

“Mereka merupakan pabrikan yang kaya akan sejarah balap melalui beberapa generasi. Dari era Jim Clark ke Aryton Senna dan Michael Schumacher, garis keturunan ini dapat berbicara sendiri. Bagi kami, Red Bull Powertrain dapat membuka babak baru dari dinasti sebagai red Bull Ford, sangatlah mengasyikan,” lanjutnya.

Kehadiran Ford sekaligus menambah daftar panjang pabrikan baru yang akan bergabung di musim 2026. Sebelumnya Audi juga sempat memutuskan untuk turun di kejuaraan balap mobil kasta tertinggi ini. Produsen mobil asal Jerman tersebut dikabarkan turun menggandeng tim Sauber.

Penulis: Bintang Rahmat

F1
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.079

Bagikan