BolaSkor.com – Keputusan Formula 1 menggunakan Sirkuit Internasional Losail sebagai pengganti Grand Prix Australia pada 19-21 November mendatang turut mempengaruhi MotoGP. Layout sirkuit untuk MotoGP direncanakan akan diubah.

Musim ini, Sirkuit Internasional Losail akan menjadi tuan rumah sementara Formula 1. Hal ini dilakukan karena Grand Prix yang seharusnya diadakan di Australia terpaksa dibatalkan akibat wabah Covid-19.

Baca Juga:

Nicky Hayden, Namamu Abadi

Saat Jiwa Seni Rossi Menginspirasi Pembalap Formula 1

Melihat hal ini, Direktur Balap FIA F1, Micahel Masi menuturkan ada beberapa perubahan yang dilakukan pada layout Sirkuit Internasional Losail. Keputusan ini dilakukan agar Formula 1 dapat digelar karena saat ini sirkuit itu dikhususkan untuk MotoGP.

“Salah satu yang dilakukan adalah mengubah jalur masuk pit yang biasanya digunakan di MotoGP. Pekerjaan ini hampir selesai. Saya akan melihat lagi setelah di Austin untuk memantaunya, tetapi jelas semua pekerjaan telah selesai,” kata Masi dikutip dari the-race.com.

“Beberapa kerb ganda telah dipasang. Sirkuit ini seoalh-olah untuk balap roda dua, jadi ada banyak Apex agar para pembalap tidak memotong tikungan dari dalam. Kerbs ganda akhirnya dipasang di jalur keluar tikungan,” sambungnya.

Tidak hanya kerb dan jalur pit saja yang dirubah. Dinding pembatas yang berada di Sirkuit Internasional Losail juga akan diubah menggunakan ban techpro. Hal ini dilakukan agar mobil tidak langsung menabrak pembatas, tetapi teredam oleh ban.

“Jalur masuk pit mungkin menjadi sektor lintasan yang paling banyak berubah,” jelas Masi.

Penulis: Bintang Rahmat