Francesco Bagnaia Akhiri Penantian Panjang Ducati

Andhika PutraAndhika Putra - Minggu, 06 November 2022
Francesco Bagnaia Akhiri Penantian Panjang Ducati

BolaSkor.com - Sejarah berhasil dicetak oleh Francesco Bagnaia di MotoGP Valencia, Minggu (6/11) malam. Pembalap Lenovo Ducati itu akhirnya mampu memenuhi impian Ducati merebut gelar juara dunia musim 2022.

Keberhasilan ini sekaligus mencatatkan sejarah baru dalam dunia MotoGP. Setelah sekian lama, akhirnya ada murid dari Akademi VR46 yang berhasil mengangkat trofi kemenangan di kelas premier.

Duel sengit antara Bagnaia dan Fabio Quartararo sudah terjadi sejak awal balapan. Kedua pembalap tersebut terlibat saling salip-menyalip memperebutkan posisi keenam.

Di tengah duel panas ini, Bagnaia sempat mengalami kendala akibat winglet motornya terlepas. Imbasnya performa Pecco sedikit terganggu. Kondisi ini lantas dimanfaatkan oleh BradBinder untuk mendepaknya dari posisi keenam di lap ke-9.

Sementara nasib Quartararo justru berbanding terbalik. Pembalap asal Perancis ini berhasil naik ke posisi keempat setelah Marc Marquez mengalami kecelakaan di lap kesepuluh.

Nasib sial datang menghampiri Jack Miller di penghujung balapan. Pembalap asal Australia ini mengalami kecelakaan yang memaksanya menepi keluar lintasan. Padahal saat itu rekan satu tim Bagnaia ini berhasil menempati posisi ketiga.

Brad Binder yang tidak mau kehilangan kesempatan lantas memanfaatkan momentum ini. Pembalap KTM itu langsung menyodok hingga akhirnya mampu naik ke posisi ketiga, tepat dibelakang Jorge Martin (P2) dan Alex Rins (P1).

Posisi ini terus bertahan hingga bendera finish dikibarkan. Alex Rins berhasil meraih posisi pertama diikuti oleh Jorge Martin dan Brad Binder.

Meskipun dalam balapan kali ini hanya mampu finish di posisi kesembilan, Bagnaia dinyatakan berhasil merebut gelar juara dunia. Murid Valentino Rossi ini mampu mengumpulkan poin lebih banyak dibandingkan Quartararo.

Hasil Lengkap MotoGP Valencia 2022

1. Alex Rins (Suzuki Ecstar)
2. Brad Binder (Red Bull KTM)
3. Jorge Martin (Pramac Ducati)
4. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)
5. Miguel Oliveira (Red Bull KTM)
6. Joan Mir (Suzuki Ecstar)
7. Luca Marini (Mooney VR46 Ducati)
8. Enea Bastianini (Gresini Ducati)
9. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)
10. Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha)
11. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Ducati)
12. Raul Fernandez (KTM Tech3)
13. Remy Gardner (KTM Tech3)
14. Takaaki Nakagami (LCR Honda)
15. Fabio Di Giannantonio (Gresini Ducati)
16. Cal Crutchlow (WithU RNF Yamaha)
17. Alex Marquez (LCR Honda)

Retired

1. Jack Miller (Lenovo Ducati)
2. Marc Marquez (Repsol Honda)
3. Darryn Binder (WithU RNF Yamaha)
4. Pol Espargaro (Repsol Honda)
5. Aleix Espargaro (Aprilia Racing)
6. Mavericl Vinales (Aprilia Racing)

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Motogp Motogp 2022 Francesco Bagnaia
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan