BolaSkor.com - Francesco Totti memang sudah gantung sepatu sejak Mei 2017. Namun apa yang sebenarnya di balik keputusan itu masih menyimpan banyak misteri.

Mundurnya Totti dari dunia sepak bola diumumkan AS Roma hanya beberapa pekan jelang berakhirnya musim 2016-2017. Saat itu usianya akan menginjak 41 tahun.

Meski sudah cukup tua, keputusan itu diyakini bukan keinginan Totti. Zdenek Zeman yang pernah menangani sang pemain menjadi orang yang sangat keras menyuarakan hal ini.

Baca Juga:

Cepat atau Lambat, Francesco Totti Bakal Kembali ke Roma

5 Momen Pemain Bintang Dikartu Merah karena Hal Konyol

Ketika Spalletti Memberikan Peran Semu kepada Francesco Totti dalam Formasi 4-2-3-0

Francesco Totti dan Walter Sabatini

Zeman menuduh Roma memaksa Totti pensiun dengan tidak memberikannya perpanjangan kontrak. Ia menyebut hal ini sebagai sebuah tragedi.

Lebih dari tiga tahun kemudian, tuduhan Zeman ternyata terbukti benar. Walter Sabatini yang pernah menjabat sebagai direktur olahraga Roma mengaku sebagai orang yang memaksa Totti pensiun.

Sabatini mengemban jabatan sebagai direktur olahraga Roma sejak musim panas 2011. Ia kemudian mengundurkan diri pada Oktober 2016 dan digantikan Monchi.

“Saya mengatakan kepada Totti terkait hal itu pada suatu hari karena saya takut kualitasnya akan menurun dan saya akan sedih jika dia menutup kariernya seperti itu,” kata Sabatini dilansir dari Football Italia.

“Seiring berjalannya waktu, perasaan bahwa saya membuat kesalahan semakin meningkat. Saya menyadari itu adalah kesalahan besar."

Sabatini memang menyesal telah memaksa sang legenda pensiun. Namun prediksinya tak sepenuhnya salah.

Totti mulai kehilangan tempatnya di skuat utama Roma pada musim terakhirnya. Ia lebih sering dimainkan sebagai pemain pengganti yang tentu merusak reputasi sang kapten.

Meski begitu, Sabatini tetap mengaku salah. Ia tak ragu meminta maaf kepada Totti.

"Dia menikmati dirinya sendiri sampai akhir, jadi Francesco, saya minta maaf kepada Anda. Saya mengatakan sesuatu yang bodoh, salah satu dari banyak hal dalam hidup saya," pungkasnya.