BolaSkor.com - Barcelona mulai berinvestasi dengan mendatangkan pemain muda. Pada pertengahan musim ini, El Barca memboyong gelandang Braga, Francisco Trincao, dengan mahar 31 juta euro. Rupanya, pemain 20 tahun itu sudah mengusik tidur Barca sejak 2017.

Pemain asal Portugal itu gonta-ganti klub sejak awal menggeluti jalan hidup sebagai pesepak bola. Ia pernah membela Porto dan Vianense sebelum menuju Braga.

Baca juga:

Tak Hanya Cetak Gol, Lionel Messi Juga Piawai Ciptakan Assist

Dianggap Tak Sehebat Cristiano Ronaldo, Lionel Messi Disarankan Tak Berkarier di Premier League

Francisco Trincao

Pada Juli 2016, Trincao mendapatkan promosi ke tim B Braga. Tak lama berselang, ia dipanggilan memperkuat tim utama pada Juli 2018. Pada musim itu, Trincao hanya mencatatkan enam penampilan di Liga NOS.

Musim ini, karier Trincao melejit. Sejauh ini, ia sudah mengemas empat gol plus enam assist. Selain itu, ia juga mendapatkan kesempatan unjuk gigi di Liga Europa dengan mencetak gol dan assist kontra Slovan Bratislava.

Posisi natural Trincao adalah sayap kanan. Namun, ia juga bisa ditempatkan sebagai penyerang kedua atau beroperasi dari sisi kiri.

Gaya bermain Trincao seperti pemain-pemain sayap pada umumnya. Ia kuat dalam duel satu lawan satu dan memiliki kecepatan. Selain itu, sang pemain juga kerap melakukan tusukan ke area bertahan lawan.

"Dia cepat dan dapat memberikan bola dengan baik. Dia punya kesadaran besar di lapangan. Dia baik dalam duel satu lawan satu dan bisa mencetak gol dan assist," terang mantan pelatih Braga, Ricardo Sa Pinto.

"Dia menggunakan kaki kiri, namun bisa menggunakan kaki kanan juga. Dia rela berkorban. Jika harus bertahan, dia akan bertahan."

Pada akhirnya, Barcelona bisa mengikat Trincao dengan kontrak lima musim. Barca menyelipkan klausul penebusan sebasar 500 juta euro.

"FC Barcelona dan Braga telah mencapai kesepakatan transfer Francisco Trincao yang akan bergabung pada 1 Juli 2020. Uang transfer sebesar 31 juta euro dan pemain akan meneken kontrak dengan klub untuk lima musim ke depan," sebut pernyataan resmi Barca.

Meski terkesan tidak banyak melalui rintangan, namun negosiasi Barcelona dengan Braga banyak menemui jalan berliku. Bahkan, El Barca sudah mulai jatuh hati sejak Piala Eropa U-19 pada 2017.

Potugal keluar menjadi juara Piala Eropa U-19 2017. Trincao menjadi bintang dengan mencetak lima gol dan menjadi pemuncak daftar top skorer bersama Diogo Jota.

Francisco Trincao

Sejak saat itu, Barcelona sudah mengarahkan radar kepada Trincao. Barca memiliki kesempatan untuk memboyong sang pemain dengan mahar 12,5 juta euro, namun itu bukan nilai yang disetujui klub asal Catalunya itu.

Pep Segura, Ramon Planes, dan Jose Mari Bakero bertemu dengan agen pemain tak lama setelah Piala Eropa. Barca menyodorkan tawaran 5 juta euro dengan variabel bonus yang mencapai 1 juta euro.

Braga yang merasa bisa mendapatkan dana lebih besar dari hasil penjualan Trincao pun memutuskan menutup pintu negosiasi. Rencana Barca mengirim Trincao ke tim akademi pun meredup.

Pada 2019, Trincao dikabarkan mendapatkan dua tawaran dari Juventus dan Atalanta. La Vecchia Signora dikabarkan memberikan tawaran yang lebih besar dari Barca, namun Braga masih belum memberikan lampu hijau.

Sementara itu, Atalanta yang dikenal menyukai pemain muda berbakat pun ikut menyodorkan tawaran. Akan tetapi, Braga kembali lagi memberikan penolakan.

Barcelona yang mendengar tawaran dari Atalanta dan Juventus pada Trincao pun panas hati. Los Cules memanfaatkan kedatangan presiden Barca yang sedang bernegosiasi soal Abel Ruiz untuk menanyakan situasi Trincao. Cerita pun berakhir dengan tanda tangan di atas kontrak.

Francisco Trincao diharapkan bisa mengikuti jejak Lionel Messi yang kemampuannya matang di tim utama Barcelona. Satu yang pasti, Trincao sudah berada dalam jalur yang tepat untuk membuat publik sepak bola terpukau.