Freddy Muli Jabat Dua Peran Sekaligus, Manajer dan Pelatih Persis Solo

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 08 Januari 2018
Freddy Muli Jabat Dua Peran Sekaligus, Manajer dan Pelatih Persis Solo
Freddy Muli ditunjuk menjadi manajer dan pelatih Persis. (BolaSkor.com/Al Khairan Ramadhan)

BolaSkor.com - Persis Solo resmi mengumumkan Freddy Muli sebagai pelatih pada kompetisi Liga 2 2018. Selain itu, pria asal Palopo juga menjabat sebagai manajer Laskar Sambernyawa.

Jabatan rangkap sebagai manajer dan pelatih terbilang asing di Indonesia. Terlebih untuk klub jebolan perserikatan yang notabene masih menggunakan susunan tim pelatih dan manajerial yang berbeda.

Sekretaris Jendral (Sekjen) Persis Solo, Dedi M Lawe menyebut penetapan Freddy Muli sebagai pelatih sekaligus manajer sudah dipertimbangkan secara matang oleh jajaran direksi. Langkah ini merupakan hasil evaluasi musim lalu, serta hasil pembelajaran klub-klub luar negeri.

"Setelah kami coba pelajari beberapa klub-klub luar, ternyata model manajer-coach itu efektif. Makanya kemudian kami buat mekanisme untuk menggabungkan pelatih dan manajer. Setelah kami seleksi, coach Freddy masuk kriteria itu," terang Dedi M Lawe dalam jumpa pers di Mess Persis, kawasan Karangasem, Solo, Senin (8/1).

"Nantinya semua kebijakan ada di tangan coach Freddy. Posisi diatasnya hanya ada CEO dan Owner. Sehingga tidak ada intervensi, baik saat merekrut pemain atau saat menentukan strategi," lanjutnya.

Freddy Muli sempat terkejut ketika ditugasi menjadi pelatih sekaligus manajer. Selama perjalanan karier kepelatihannya, baru kali ini dirinya mengemban dua tugas penting.

"Untuk fungsi dari manajer-coach sendiri sangat berat, tapi ini harus saya lakukan. Ini menjadi tantangan baru bagi saya,” tuturnya.

Freddy Muli akan dibantu dua asisten pelatih dan satu pelatih kiper untuk memimpin Laskar Sambernyawa. Posisi asisten ditempati mantan pelatih PSPS Pekanbaru, Marwal Iskandar dan mantan pelatih Diklat Salatiga, Haryadi Poetol. Sementara pos pelatih kiper masih ditempati I Komang Putra.

Freddy Muli menyebut ketiga pembantunya memiliki kemampuan dan bisa bersinergi untuk membentuk skuad yang tangguh. Marwal berlisensi B AFC, sementara Haryadi dan Komang berlisensi C AFC. (Laporan Kontributor Al Khairan Ramadhan/Solo)

Freddy muli Persis Solo
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan