Frenkie de Jong, Penerus Tradisi dan Pemain Belanda ke-20 yang Memperkuat Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 24 Januari 2019
Frenkie de Jong, Penerus Tradisi dan Pemain Belanda ke-20 yang Memperkuat Barcelona
Frenkie de Jong (Foto: @FCBarcelona)

BolaSkor.com - Korelasi Belanda dengan FC Barcelona merupakan hal yang tak terpisahkan di sepak bola Eropa. Berbicara soal permainan "Total Football" Belanda itu sama halnya dengan membicarakan cikal bakal permainan indah sebuah klub yang punya slogan "Mes que un club".

Mes que un club punya arti lebih dari sekedar klub. Demikian adanya. Barcelona sudah seperti agama bagi masyarakat Catalunya dengan kesuksesan mereka yang diraih selama bertahun-tahun, plus memegang teguh prinsip serta filosofi bermain klub.

Salah satu tradisi yang tidak boleh diganggu gugat itu adalah hubungan Belanda dengan Barcelona. Tanpa permainan total football Belanda, Barca mungkin tidak akan bermain indah seperti saat ini dan terbawa arus sepak bola modern, ketika hasil adalah segalanya.

Baca Juga:

Kronologi Transfer Kilat Kevin-Prince Boateng ke Barcelona

Sevilla 2-0 Barcelona: Loyo Tanpa Lionel Messi

Barcelona Jadikan Frenkie de Jong sebagai Pemain Belanda Termahal Sepanjang Masa

Frenkie de Jong

Keberhasilan Barca mengamankan servis gelandang berusia 21 tahun, Frenkie de Jong, dari Ajax Amsterdam semakin memantapkan tradisi bagus Barca dengan pemain-pemain asal Belanda. De Jong diikat kontrak hingga tahun 2024 dengan banderol 86 juta euro - menjadikannya pemain termahal sepanjang masa Belanda.

De Jong mewarisi tradisi bagus Negeri Kincir Angin dan menjadi pemain ke-20 asal negerinya yang bermain di Barcelona. Sebagian besar pendahulunya sukses ketika membela Barcelona dan meninggalkan warisan yang tak lekang oleh waktu.

Pada era 1970-an, Rinus Michels mulai meletakkan pondasi permainan ofensif yang menghibur penonton dengan menjadikan Johan Cruyff sebagai sentral filosofi itu.

Metode yang ditanamkannya: pergerakan tanpa atau dengan bola, selalu menguasai penguasaan bola, pergerakan fleksibel, menjadi landasan utama di dalam kurikulum pengajaran La Masia - akademi Barcelona.

Breaking News Frenkie de Jong Ajax amsterdam Barcelona FC Barcelona Belanda
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan