BolaSkor.com - Olahraga sering kali dianggap sebagai kegiatan untuk manusia sempurna. Badan atletis dan kemampuan fisik yang baik biasanya menjadi syarat wajib menjadi seorang atlet.

Namun, tak ada yang bisa melarang siapapun di dunia ini untuk berolahraga. Tembok pembatas seakan sudah tidak ada dengan munculnya turnamen futsal putri tuli di Indonesia.

Ini merupakan kali pertama atlet futsal putri tuli mendapat kejuaraan resmi. Meski hanya berstatus kejuaraan antar sekolah, hal ini bisa menjadi batu loncatan menghadapi turnamen yang lebih bergengsi.

Bertempat di GOR Pasar Minggu, Minggu (9/9), atlet futsal putri yang berasal dari sekolah di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat saling bersaing. Bukan untuk mencari pemenang, ajang ini diadakan Federasi Futsal Tuli Indonesia untuk mencari 10 pemain terbaik yang akan dikirik ke turnamen World Deaf Futsal di Thailand pada Desember 2018.

Sebelumnya Federasi Futsal Tuli Indonesia hanya mengadakan kejuaraan kategor putra dan mengirim ke beberapa turnamen di luar negeri. Rasa cemburu kemudian muncul dari atlet putri yang juga ingin dipandang sebagai seseorang yang bisa memberikan prestasi dan mengharumkan nama bangsa.

"Mereka yang meminta kepada kami. Kapan ada turnamen futsal putri tuli di Indonesia? Menjawab keinginan mereka, turnamen ini akhirnya kami adakan," ujar Kabid Olahraga Federasi Futsal Tuli Indonesia, Maringan Kumala, kepada BolaSkor.com.

"Saat ini cakupannya memang masih kecil. Hanya ada tiga provinsi yang bergabung. Namun, ke depannya, kami akan mengadakan dengan skala nasional," sambungnya.

Turnamen Futsal Putri Tuli 2018 ini diikuti Sekolah Luar Biasa dan Umum dari tiga provinsi. Ternyata tidak sulit mencari peserta karena antusiasmenya cukup besar.

"Justru bakat lebih banyak ada di futsal putri. Mereka punya kemampuan yang lebih baik dan sangat bertalenta," ujar Kumala.