BolaSkor.com - Fabio Cannavaro ikut prihatin dengan kegagalan Timnas Italia lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Ia pun menjadikan para stakeholder sepak bola Negeri Pizza sebagai sasaran kritik.

Italia dipastikan gagal berlaga di Qatar usai takluk dari Makedonia Utara pada laga play-off. Padahal Gli Azzurri mendapat keuntungan sebagai tuan rumah.

Ini menjadi kegagalan kedua Italia tampil di Piala Dunia secara beruntun. Pada edisi 2018, langkah mereka juga terhenti di play-off.

Baca Juga:

Piala Dunia Hambar Tanpa Timnas Italia

Fabio Capello Bahas Krisis di Sepak Bola Italia

Italia Gagal Lolos Piala Dunia 2022: Serie A Tertinggal Jauh dari Premier League dan Bundesliga

Cannavaro menilai kegagalan tersebut sebagai sebuah aib. Namun ia tak melihat sebuah tindakan cepat dari para pemangku kepentingan untuk merespons kegagalan ini.

“Yang membuat saya takut adalah melihat kegagalan ini diperlakukan seolah-olah itu normal. Orang-orang tampak pasrah," kata Cannavaro kepada Sky Sport Italia.

“Sistem di sini tidak berfungsi. Kami tidak maju di kompetisi klub Eropa, atau dengan Italia, jadi sesuatu harus berubah.”

Keresahan Cannavaro cukup masuk akal. Italia punya sejarah panjang di Piala Dunia dengan koleksi empat trofi juara.

Absen dalam dua edisi beruntun harusnya tidak bisa dimaafkan. Maka dari itu, Cannavaro mendorong adanya sebuah revolusi menyeluruh yang dilakukan FIGC.

“Kami tertinggal di setiap area yang memungkinkan. Hanya menonton Portugal-Turki dan Italia-Makedonia Utara, perbedaan stadion luar biasa," tambahnya.

“Kami terus seperti ini dan tidak menyadari bahwa yang lain berjalan lebih cepat dan kami bukan lagi yang terbaik. Kita harus bangun dan melakukan sesuatu.”