BolaSkor.com - Staff Presiden, Aditya Syarif, mengungkapkan pesan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) untuk Piala Presiden ESports 2020. Selain itu, rupanya akan ada game buatan lokal pada ajang tersebut.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan IESPL bekerja sama untuk memajukan industri ESports di Indonesia. Satu di antara caranya adalah dengan mengembangkan game lokal.

Sejak 2019, pemerintah mencari perusahaan game yang mengajukan. Tetapi tak banyak, kurang dari 10 yang berani. Akhirnya dipilih Ultra Space Battle Brawl buatan Toge Production.

Baca Juga:

Saykoji dan Endank Soekamti Bakal Ramaikan Final Piala Presiden ESports 2020

SEA Games 2019: Kalah dari Tuan Rumah, Timnas Mobile Legends Indonesia Urung Raih Medali Emas

Game tersebut akan dipertandingkan untuk eksibisi pada Piala Presiden ESports 2020. Nantinya, orang-orang yang hadir di ajang tersebut bisa mencoba Ultra Space Battle Brawl.

Sementara itu, rupanya Presiden Jokowi memiliki harapan besar untuk ESports di Indonesia. Menurut Aditya Syarif, Presiden berpesan agar level ESports naik ke kelas dunia.

"Presiden serius ingin mendorong ekosistem yang sehat untuk ekonomi kreatif ini (ESports). Presiden menyadari ada hal eksternal, ada dampak negatif game apabila berlebihan," ujar Aditya Syarif pada acara konferensi pers di Plaza Indonesia.

"Presiden bilang skalanya bulan lokal, tetapi regional atau intenasional. Kita tak boleh jago kandang. Piala Presiden kali ini kan skala ASEAN, supaya atlet kita bisa kompetitif," pungkasnya.