BolaSkor.com - Penampilan Liverpool fenomenal musim ini. Mereka menjaga keangkeran Anfield selama 52 laga beruntun tak pernah kalah di Premier League, plus belum tersentuh kekalahan di Premier League 2019-20. Uniknya, ada satu statistik yang menambah kegemilangan The Reds itu.

Menurut catatan Pusat Penelitian Sepak Bola CIES, Liverpool menjadi salah satu tim paling sedikit melakukan pelanggaran. Rata-rata jumlah pelanggaran yang dilakukan Liverpool hanya 8,14 poin per laganya di Premier League.

Jumlah itu 22 persen di bawah kombinasi seluruh tim di Premier League. Statistik ini terbilang menarik, sebab Liverpool tim yang memainkan filosofi sepak bola yang agresif dalam skema gegenpressing Jurgen Klopp.

Baca Juga:

Kapan Liverpool Bisa Garansi Titel Juara Premier League?

Kylian Mbappe Sebut Liverpool seperti Mesin

Jurgen Klopp

Gaya bermain itu mengharuskan pemain-pemain untuk lebih intens melakukan tekanan (pressing) pada fase bertahan, coba merebut bola dengan cepat, dan melancarkan serangan balik cepat. Kans melakukan pelanggaran lebih besar terjadi.

Menilik catatan statistik tersebut, artinya Liverpool menerapkan gegenpressing dengan cara yang tepat tanpa memicu banyaknya pelanggaran. Tak ayal lima tahun masa kepelatihan Jurgen Klopp di Liverpool terbukti sukses diterapkan para pemain klub.

Sementara itu di Spanyol, Levante menjadi tim yang paling jarang melakukan pelanggaran. Tim arahan Paco Lopez melakukan pelanggaran per laganya 10,63 poin, kurang 22 persen ketimbang rata-rata jumlah pelanggaran kolektif seluruh tim LaLiga.

FC Barcelona ada di urutan dua dengan pelanggaran per laganya 10,95 dan minus 19 persen dari total pelanggaran kolektif seluruh tim LaLiga. Lalu Real Madrid di urutan tujuh dengan catatan 12,63 poin dan minus tujuh persen dari total pelanggaran seluruh tim LaLiga.

Berikut 10 besar tim-tim di Eropa dengan jumlah pelanggaran terendah:

1. Liverpool (8,14 pelanggaran per laga)
2. Silkeborg IF (8,89 pelanggaran per laga)
3. Hamburger SV (8,94 pelanggaran per laga)
4. FC Honka (9,10 pelanggaran per laga)
5. Newcastle United (9,14 pelanggaran per laga)
6. Bournemouth (9,23 pelanggaran per laga)
7. PSV Eindhoven (9,28 pelanggaran per laga)
8. Bayern Munchen (9,47 pelanggaran per laga)
9. SC Freiburg (9,47 pelanggaran per laga)
10. Celtic (9,50 pelanggaran per laga)