Gara-gara Gol Kontroversial Mbappe, Peraturan Offside Akan Direvisi

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 16 Oktober 2021
Gara-gara Gol Kontroversial Mbappe, Peraturan Offside Akan Direvisi
Kylian Mbappe (Twitter)

BolaSkor.com - Gol kontroversial Kylian Mbappe pada laga final UEFA Nations League 2021 berbuntut panjang. Dewan Asosiasi Sepak bola Internasional (IFAB) berencana merevisi peraturan offside demi mencegah hal yang sama terulang.

Mbappe menjadi pahlawan kemenangan Prancis saat mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1 di San Siro, akhir pekan lalu. Pemain berusia 22 tahun itu mencetak gol kemenangan Les Bleus sepuluh menit jelang waktu normal berakhir.

Mbappe memanfaatkan kecepatannya saat menerima umpan terobosan dari Theo Hernandez. Ia kemudian dengan tenang menaklukkan Unai Simon dari jarak dekat.

Baca Juga:

Geram Gol Kylian Mbappe Disahkan, Sergio Busquets: Tidak Masuk Akal

Penjelasan Kenapa Gol Kylian Mbappe Tidak Dianggap Offside

Rahasia Comeback Prancis di Semifinal dan Final UEFA Nations League

Namun gol tersebut diprotes para pemain Spanyol. Itu karena bomber milik Paris Saint-Germain (PSG) tersebut dianggap telah lebih dulu terjebak dalam posisi offside.

Namun wasit pada akhirnya tetap mengesahkan gol tersebut meski dari tayangan ulang jelas Mbappe berada di depan bek terakhir Spanyol. Hal itu tak lepas dari alur bola yang sempat terkena kaki Eric Garcia.

Wasit menilai momen itu membuat jebakan offside tak berlaku untuk Mbappe. Ia dianggap tidak menerima bola dari operan Hernandez.

Menurut laporan Mundo Deportivo, IFAB akan menggelar pertemuan dengan para panel teknis sepak bola pada 27 Oktober mendatang. Isu utama yang akan dibahas adalah terkait regulasi offside.

IFAB memang bertanggung jawab menetapkan aturan sepak bola dalam pertandingan resmi di bawah naungan FIFA. berbagai perubahan regulasi dalam satu dekade terakhir merupakan andil mereka.

Belum diketahui perubahan seperti apa yang akan dilakukan IFAB. Namun badan ini tampaknya akan berusaha membuat momen gol Mbappe menjadi sebuah offside.

Dari laporan yang sama, IFAB juga akan membahas masalah lain. Beberapa di antaranya yaitu terkait keaktifan tangan dalam handball dan rencana lima pergantian pemain dilanjutkan hingga Piala Dunia 2022.

Hal lain yang akan dikupas adalah polemik terkait posisi kiper saat menghadapi eksekusi penalti. Nantinya akan diputuskan apakah satu kaki mereka harus tetap berada di garis gawang atau tidak.

Regulasi ini memang merugikan kiper karena membuat gerakan mereka tidak leluasa. Sementara para eksekutor penalti bisa sesuka hati melakukan berbagai trik sebelum melakukan sepakan.

Kylian Mbappe IFAB Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan