Gareth Southgate Ungkap Titik Lemah Timnas Inggris

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 08 Juni 2021
Gareth Southgate Ungkap Titik Lemah Timnas Inggris
Timnas Inggris (Twitter)

BolaSkor.com - Hanya dalam hitungan hari, Tim Nasional Inggris akan memulai perjalanannya di Piala Eropa 2020. Namun The Three Lions nyatanya masih memiliki sejumlah kekurangan.

Inggris yang tergabung di grup D akan melakoni laga perdana kontra Kroasia di Stadion Wembley, Minggu (13/6) mendatang. Ini merupakan duel antara finalis dan semifinalis Piala Dunia 2018.

Southgate sangat menyadari pentingnya hasil pertandingan ini. Andai kalah, rasa percaya diri Marcus Rashford dan kawan-kawan bisa terganggu.

Baca Juga:

Polemik Penalti Jordan Henderson Ancam Harmonisasi Timnas Inggris

Timnas Inggris Sudah Tentukan Pengganti Alexander-Arnold

Skuad Lengkap Grup D Piala Eropa 2020

Timnas Inggris

Masalahnya, mengalahkan Kroasia tidak akan mudah dilakukan. Apalagi Inggris terancam tampil tanpa kekuatan terbaiknya karena ada sejumlah pemain kunci yang cedera.

Southgate menilai lini pertahanan Inggris masih memiliki banyak lubang. Ia kini berlomba dengan waktu untuk memperbaiki hal tersebut.

“Kami tidak disiplin dalam cara kami bertahan, pemulihan pertahanan kami berjalan tidak cukup baik. Itu berarti lini tengah terlalu renggang dan pemain belakang memiliki terlalu banyak keputusan untuk dibuat," kata Southgate dilansir dari Goal.

"Mereka harus datang ke ruang di mana mereka seharusnya tidak perlu berada."

Kekhawatiran Southgate tersebut sebenarnya cukup mengherankan. Inggris tercatat hanya kebobolan satu gol dari lima laga sepanjang tahun 2021.

terancam absennya Harry Maguire pada laga kontra Kroasia membuat Southgate dilanda keraguan. Bek Manchester United itu masih berlomba dengan waktu untuk pulih dari cedera.

Andai dipaksakan, penampilan Maguire juga kemungkinan tidak akan maksimal. Ia butuh waktu untuk kembali ke performa terbaik.

Enggan Pesimis

Namun kondisi ini tak membuat Southgate pesimis. Ia yakin Inggris masih punya peluang yang cukup besar untuk mengalahkan Kroasia.

“Kami dapat meningkatkan semua detail kecil dalam dua laga uji coba yang kami miliki. Beberapa hal tentang disiplin dan detail skema dalam bertahan," pungkasnya.

Timnas Inggris Piala Eropa 2020
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan