GBT dan G10N sebagai Jalan Damai, Persebaya Beri Respons

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 01 Februari 2021
GBT dan G10N sebagai Jalan Damai, Persebaya Beri Respons
Stadion Gelora 10 November. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya merespons ajakan berdamai dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Namun, kuasa hukum Persebaya, Yusron Marzuki menyesalkan kenapa langkah perdamaian baru sekarang dilontarkan.

Pemkot Surabaya sendiri mengajak berdamai dengan tawaran memakai Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Stadion Gelora 10 November (G10N). Tak hanya itu, pemkot juga manwarkan penggunaan lahan dan bangunan di Jalan Karanggayam dengan sistem build, operate, and transfer (BOT).

“Sangat terlambat. Jadi aneh rasanya. Kenapa baru sekarang bicara soal perdamaian dan sewa? Saat proses hukum sudah berjalan. Bahkan sampai tingkat kasasi,” katanya.

Baca Juga:

Atep Ajak Masyarakat Tak Takut Divaksin

Cerita Dedik Setiawan Jalani Vaksinasi, Sempat Tak Lolos Skrining Tensi Darah

Menurutnya, Persebaya, sudah dari awal menawarkan skema kerja sama. Hanya saja, tidak bersambut. Sampai akhirnya urusan ini masuk ke pengadilan. Apalagi saat ini proses kasasi sedang berlangsung.

“Saat ini, mari sama-sama hormati proses hukum yang berlangsung. Kita tunggu bersama apa keputusan kasasi soal Karaggayam nanti. Itu yang paling bijak. Karena putusan pengadilan itun erga omnes and res judicata pro veritate habetur. Yakni semua keputusan pengadilan wajib diikuti karena itu dianggap benar,” ujar Yusron.

Di sisi lain, diperbolehkannya pemakaian Stadion G10N untuk latihan, disambut gembira Persebaya. Sejak 2017 lalu, saat kembali ke kompetisi resmi PSSI, Persebaya belum sekalipun bisa menginjak rumput G10N. Padahal, disaat bersamaan, beberapa tim Liga 1 bisa berlatih di sana.

“Kami sampai terima kasih atas kabar baik yang diberikan Pak Whisnu. Semoga secepatnya kami bisa berlatih di sana,” kata Sekretaris Persebaya, Ram Surahman.

Menurutnya, manajemen Bajol Ijo sangat bersyukur. Khususnya pemakaian Stadion G10N. Pasalnya, Persebaya selalu kesulitan untuk bisa berlatih di stadion legendaris tersebut. Kini, Persebaya menunggu surat tertulis dari pemkot Surabaya atas izin pemakaian tersebut.

“Biar bisa jadi pegangan kalau nanti kami ingin berlatih di sana. Sudah ada surat tertulis yang benar-benar membolehkan. Begitu ada kabar kapan kompetisi dimulai, kami secepatnya berlatih di sana. Sudah tidak sabar,” tandasnya. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)

Stadion Gelora 10 November Liga 1 Persebaya surabaya Stadion Gelora Bung Tomo
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan