Gebrakan Terbaru FIFA, Piala Dunia Antarklub Akan Diikuti 32 Tim

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 16 Desember 2022
Gebrakan Terbaru FIFA, Piala Dunia Antarklub Akan Diikuti 32 Tim
Piala Dunia Antarklub (Twitter)

BolaSkor.com - Sebuah gebrakan dilakukan FIFA untuk menambah daya tarik Piala Dunia Antarklub. Federasi sepak bola dunia itu berencana menambah jumlah pesertanya hingga menjadi 32 tim.

Piala Dunia Antarklub memang masih dianggap kurang bergengsi jika dibandingkan turnamen sejenis di level negara. Padahal ajang ini diikuti oleh tim-tim terbaik dari tiap benua.

Terlalu jauhnya perbedaan level antara wakil Eropa dan Amerika Selatan dengan perwakilan benua lain menjadi salah satu penyebabnya. Gelar juara Piala Dunia antarklub memang seolah hanya menjadi rebutan dua kekuatan sepak bola dunia tersebut.

Baca Juga:

Piala Dunia 2022: Penjelasan di Balik Lamanya Durasi Injury Time

Piala Dunia 2022: Protokol Penanganan Medis FIFA Terkait Gegar Otak

FIFA Football for School di Indonesia: Pembangunan Karakter di Hari Sumpah Pemuda

Kondisi tersebut membuat Piala Dunia Antarklub kurang diminati penonton maupun sponsor. Hal inilah yang memicu FIFA selaku penyelenggara untuk mengubah format kompetisi.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, baru saja mengumumkan penambahan jumlah peserta Piala Dunia Antarklub menjadi 32 tim. Namun hal itu baru akan dijalankan pada tahun 2025 mendatang.

"Piala Dunia Antarklub pria yang baru akan berlangsung pada tahun 2025 dan akan menampilkan 32 tim. Turnamen 32 tim akan dilanjutkan, menjadikannya seperti Piala Dunia," kata Infantino pada sesi jumpa pers jelang final Piala Dunia 2022.

Infantino belum secara rinci menjelaskan format turnamen dengan 32 peserta tersebut. Namun sistemnya tampak tidak akan jauh berbeda dengan Piala Dunia versi negara.

Itu artinya, akan ada lebih banyak wakil Eropa dan amerika Selatan yang ambil bagian dalam turnamen format baru ini. Namun belum diketahui cara menentukan tim yang berhak tampil di Piala Dunia Antarklub.

Namun terobosan terbaru FIFA ini kabarnya mendapat penolakan dari UEFA dan mayoritas klub besar Eropa. Format baru Piala Dunia Antarklub ini memang bisa mengganggu jadwal kompetisi rutin mereka yang sudah tersusun rapi.

Piala dunia antarklub Fifa Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan