BolaSkor.com - Timnas Korea Selatan (Korsel) U-16 memastikan diri menjadi tim terakhir yang lolos ke semifinal Piala Asia U-16 2018. Skuat Kim Jung Soo lolos, termasuk meraih satu tiket Piala Dunia U-17 2019 tersisa setelah mengalahkan India 1-0 di partai perempat final di Stadion Petaling Jaya, Malaysia, Senin (1/10) malam.

Kemenangan diperoleh dengan tidak mudah. Timnas Korea Selatan U-16 terus mengalami kegagalan di babak pertama. Performa Niraj Kumar di bawah mistar gawang India menjadi salah satu sebab.

Timnas India U-16 juga tak mampu mencetak gol di 45 menit pertama. Skor 0-0 pun memulai paruh kedua.

Korsel baru mencetak gol pada menit ke-68. Adalah Jeong Sangbin yang memecah kebuntuan setelah menyambar bola muntah hasil sepakan rekan setim yang dihalau Niraj Kumar.

Timnas Korea Selatan U-16 terus menekan dan mencoba mencari gol lain. Percobaan dilakukan pada menit ke-83, namun bola tembakan dihadang Niraj Kumar.

Sementara itu, Timnas India U-16 tetap buntu. Skor 1-0 untuk keunggulan Korsel tidak berubah hingga laga berakhir.

Tiga tim sudah lebih dulu memastikan diri ke semifinal. Pada Senin (1/10) sore, Australia sekaligus memastikan tiket Piala Dunia U-17 2019 lewat kemenangan 3-2 atas Indonesia.

Pada Minggu (30/9), Jepang melangkah ke babak berikut lewat kemenangan 2-1 atas Oman. Adapun Tajikistan mengalahkan Korea Utara lewat penalti dengan skor 4-2 setelah bermain imbang 1-1.

Timnas Korea Selatan akan menghadapi Tajikistan di semifinal pada 4 Oktober. Sementara Jepang berjumpa dengan Australia.