BolaSkor.com - Gelandang Persib Bandung, Dedi Kusnandar, ternyata terdaftar sebagai salah seorang anggota yang mengikuti kursus untuk mendapatkan lisensi kepelatihan C AFC. Kegiatan tersebut sudah berjalan di Kuningan, Jawa Barat sejak 17 November sampai awal Desember mendatang.

Pemilik nomor punggung 11 ini mengaku sengaja mengikuti kursus tersebut. Namun bukan karena ingin menjadi pelatih, melainkan karena ingin menambah ilmunya dalam bermain sepak bola.

"Bukan berarti saya ambil lisensi untuk jadi pelatih dalam waktu dekat, tapi ambil lisensi ini jadi wawasan saya bermain bola," ungkap Dedi Kusnandar saat dihubungi, Senin (7/12).

Baca Juga:

Arema FC Rekrut Striker Asing Baru, Ini Identitasnya

David da Silva Akhiri Kontrak di Persebaya, Menuju Terengganu FC?

Dari hasil kursus tersebut, pemain yang akrab disapa Dado ini menilai bahwa tugas seorang pelatih cukup berat. Menurutnya, tidak semudah yang dipikirkannya selama ini.

"Pelajaran keduanya, banyak hal-hal sepak bola yang sebelumnya saya tidak tahu jadi tahu," tuturnya.

Karena itu, Dado merasa kursus kepelatihan yang diikutinya ini memiliki manfaat yang besar baginya. Terutama dalam menjalankan perannya sebagai pesepak bola.

"Tentunya ini jadi bekal juga, karena ilmu mah gak berat bawanya. Ilmu bisa bermanfaat juga," tegasnya.

Selain itu, lanjutnya bisa juga menjadi bekal saat sudah memutuskan untuk gantung sepatu alias pensiun. Sehingga Dedi Kusnandar tak merasa terkejut saat berkeinginan untuk menjadi pelatih.

"Kalau garisnya jadi pelatih, se-enggak-nya kita sudah punya dasarnya. Jadi gak panik. Jadi hal positif bisa mengikuti kursus kepelatihan ini," kata Dado. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)