Gelar Pertemuan Virtual, Ketum PSSI Menantikan Shin Tae-yong di Indonesia

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 27 Juni 2020
Gelar Pertemuan Virtual, Ketum PSSI Menantikan Shin Tae-yong di Indonesia
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, bertemu dengan manajer pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong secara virtual. Pertemuan digelar menyusul persoalan yang terjadi di antara PSSI dengan Shin Tae-yong.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong sebelumnya mengomentari perubahan di PSSI. Ia menyatakan keinginan untuk membawa Timnas Indonesia Senior dan U-19/U-20 untuk jalani pemusatan latihan (TC) ke Korea Selatan (Korsel)

Namun keinginannya ditolak PSSI. Shin Tae-yong tampak heran dengan PSSI. Ahasil ia mengkritik PSSI melalui media Korsel, Joins.

Salah satu sorotannya adalah penunjukkan Indra Sjafri jadi Direktur Teknik PSSI, setelah menurutnya melakukan indisipliner. Hal yang dimaksud Indra Sjafri tidak izin untuk hadir dalam resepsi pernikahan putri Rahmad Darmawan.

Persoalan memanas, setelah Indra Sjafri seakan menyerang balik Shin Tae-yong. Indra Sjafri menyebut Shin Tae-yong berbohong.

"Saya tahu Shin Tae Yong pelatih profesional dan hebat. Kualitasnya sangat baik. Karena itu, kami sangat menunggu kedatangan Shin kembali ke tanah air," kata Mochamad Iriawan dalam percakapan melalui konferensi virtual dengan Shin Tae-yong dalam rilis.

Baca Juga:

Kemenpora Siap Bantu PSSI Terkait dengan Anggaran TC Timnas Indonesia

PSSI Sudah Dapat Izin dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi untuk Gelar TC Timnas Indonesia U-16

Pertemuan virtual dianggap Iwan Bule untuk menjalin komunikasi secara kekeluargaan.

"Saya menganggap Anda sebagai adik saya. Usia saya 58 tahun, Shin Tae Yong 52 tahun. Sudah seperti adik dalam keluarga saya, karena itu mari berkomunikasi sebagai keluarga."

Pertemuan virtual Mochamad Iriawan dengan Shin Tae-yong. (Istimewa)

Dalam pertemuan itu, Iwan Bule menjelaskan alasan mengapa Timnas Indonesia Senior dan U-19 tidak bisa dikirim untuk pemusatan latihan di Korea Selatan, seperti diinginkan Shin Tae-yong.

"Pertama, karena Timnas U-19 yang akan dipersiapkan ke Piala Dunia U-20 2021 masih dalam proses seleksi. Tentu tidak efektif membawa rombongan sebanyak itu ke luar negeri."

"Tidak mungkin membawa semua level timnas ke Korsel. Sementara dalam waktu bersamaan, Timnas U-19 dan Timnas Senior memiliki prioritas sama pentingnya," terang Mochamad Iriawan mengingat Shin Tae-yong dipercaya menangani tiga level timnas yakni U-19, U-23 dan timnas senior.

"Jika yang berangkat hanya Timnas U-19, maka Timnas Senior yang bersiap untuk Pra Piala Dunia dan Piala AFF tidak akan tertangani,” tambahnya.

Ia memastikan bahwa PSSI akan mencarikan tempat yang aman. Seperti halnya Timnas U-16, yang akan menjalani persiapan sesuai protokol kesehatan yang ketat awal Juli.

Adapun Shin Tae-yong menekankan bahwa dirinya tak bermaksud berpolemik sebelumnya.

"Saya memiliki keinginan besar untuk memajukan sepak bola Indonesia. Saya pun patuh dan taat kepada Ketua Umum PSSI untuk melakukan berbagai hal demi peningkatan prestasi sepak bola Indonesia,” terangnya.

Timnas Indonesia U-19 Timnas indonesia u-20 Shin Tae-yong Timnas Indonesia Pssi
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan