BolaSkor.com - Pengurus Pusat Perbasi menggelar seleksi nasional (seleknas) Indonesia Patriots, dimulai dari DKI Jakarta

Ada 10 wilayah yang menjadi tempat seleknas. DKI Jakarta menjadi arena seleknas Indonesia Patriots pertama yang dihelat pada 9-12 Agustus 2022 di Filari Basketball Court.

Seleknas Indonesia Patriots merupakan jalan mencari talenta basket terbaik di seluruh Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi Pengprov Perbasi DKI Jakarta yang telah menyiapkan kegiatan Seleknas Indonesia Patriots pertama ini dengan sangat baik,” ujar Danny Kosasih, Ketua Umum PP Perbasi.

PP Perbasi memang berkolaborasi dengan Perbasi DKI Jakarta untuk menggelar seleknas Indonesia Patriots seri Jakarta.

Perbasi DKI Jakarta sendiri mendukung kegiatan tersebut dengan pertimbangan banyak talenta potensial dari Ibu Kota yang punya kesempatan besar menjadi Patriots berikutnya.

“Seperti diketahui, klub-klub basket di Jakarta terbilang paling banyak. Turnamen atau kompetisi di Ibu Kota juga rutin digelar dari mula tingkat kota hingga provinsi.”

“Banyak pebasket berbakat dari Jakarta. Sebelumnya, Jakarta juga menyumbang paling banyak pemain ke Timnas usia muda, jadi, saya berharap bakat-bakat dari Jakarta bisa berkontribusi banyak untuk Indonesia Patriots.”

“Intinya, kami dari Perbasi DKI Jakarta mendukung dan berupaya terus kolaborasi dengan stakeholder basket demi tujuan lebih besar, yaitu mencari pemain untuk Timnas muda Indonesia,” ujar Lexyndo Hakim, Ketua Umum Perbasi DKI Jakarta.

Sementara itu, potensi pebasket Jakarta diakui oleh Johannis Winar yang memimpin langsung seleknas Indonesia Patriots.

Asisten pelatih Timnas Basket Indonesia itu kagum dengan kerja keras peserta seleknas.

“Animo luar biasa. Mereka punya energi bagus dan mengikuti seluruh instruksi dari pelatih. Secara kemampuan, mereka bervariasi. Terpenting, mereka punya usaha dan kerja keras untuk memberikan yang terbaik.”

“Idenya ialah mencari pemain yang bisa menjadi Patriots berikutnya. Penduduk Indonesia ada sekitar 200 juta sekian dan yang akan terpilih mewakili Indonesia Patriots hanya 12.

“Secara garis besar, animo ini menunjukkan bahwa generasi muda basket Indonesia ingin berkontribusi untuk Merah-Putih. Silakan daftar seleknas di wilayah terdekat demi berkontribusi untuk basket Indonesia,” kata Johannis.

Jakarta menjadi wilayah pertama yang menggelar seleknas Indonesia Patriots. Perbasi DKI Jakarta sendiri sudah mempersiapkan segala hal agar seleknas berlangsung lancar, khususnya dilaksanakan di Filari, yang merupakan lapangan basket homebase-nya Pengurus Perbasi DKI Jakarta saat ini.

Selain Johannis Winar, seleknas Indonesia Patriots di Jakarta dipimpin salah satu pelatih Timnas Indonesia, Tyler F, serta dihadiri oleh Ketua PP Perbasi, Danny Kosasih, manajer Timnas Basket Indonesia, Jeremy Immanuel Santoso, dan salah satu pemain Timnas Indonesia, Dame Diagne.

Berikutnya, seleknas Indonesia Patriots akan digelar di Samarinda (16-19 Agustus), Manado (23-26 Agustus), Tangerang (23-26 Agustus), Surabaya (23-26 Agustus), Yogyakarta (23-26 Agustus), Palu (29 Agustus-1 September), Pontianak (1-4 September), Medan (3-6 September), dan Makassar (3-6 September).