Gemilang bersama Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Nomor Satu di K League

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 06 Januari 2022
Gemilang bersama Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Nomor Satu di K League
Asnawi Mangkualam saat membela Ansan Greeners di Piala FA. (Ansan Greeners)

BolaSkor.com - Penggawa Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar kini berada di posisi pertama sebagai pemain K League atau Liga Korea Selatan dengan jumlah follower terbanyak di Instagram. Hingga Kamis (6/1) siang, Asnawi memiliki 1,5 juta follower.

Jumlah pengikutnya meningkat drastis selama dan setelah memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, yang berlangsung sejak 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Asnawi menjadi andalan selama skuat Garuda mengarungi turnamen. Ia juga terus dipercaya mengenakan ban kapten, untuk memimpin rekan setim. Asnawi terbilang menjadi salah satu pemain yang cukup menonjol.

Asnawi Mangkualam sebelumnya juga menjadi senjata Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia 2022, playoff Kualifikasi Piala Asia 2023, dan Kualifikasi Piala Asia U-23 yang berlangsung pada 2021.

Baca Juga:

Asnawi Apik di Timnas Indonesia, Ansan Greeners Ketiban Rezeki

Jumlah Pengikut Jadi Perhatian Media Korsel, Shin Tae-yong Beri Tanggapan

Seperti dilaporkan Chosun, Asnawi sebelumnya diikuti sekitar 200 ribu. Jumlah pengikut bertambah menjadi 600 ribu ketika tampil di semifinal dan mencapai 1 juta di leg kedua final melawan Thailand.

Asnawi Mangkualam Bahar, Egy Maulana Vikri, dan Witan Sulaeman merayakan kemenangan atas Singapura. (AFF)

Asnawi sudah jauh melewati pesepak bola ganteng Korea Selatan yang membela Daegu Jeong Seung-woon, yang memiliki 608 ribu pengikut. Juga Park Jo-ho yang membela Suwon FC dan diikuti 453 ribu.

Termasuk Messi Korea Lee Seung-woo, jebolan La Masia yang kini membela Suwon FC (331 ribu) dan striker asal Afrika Selatan Lars Veldwijk (187 ribu).

Menurut media Korea Selatan, media sosial termasuk Instagram kini dianggap penting. Bahkan perusahaan memfokuskan diri lewat media sosial, ketimbang lewat PR tradisional.

K League juga dijelaskan berusaha melakukan promosi lewat media sosial, hingga Federasi Sepak Bola Profesional membentuk tim media.

Sementara itu, kelanjutan karier Asnawi Mangkualam di K League masih harus ditunggu. Asnawi yang kontraknya berakhir Desember 2021, masuk dalam rencana Ansan Greeners untuk musim 2022. Belakangan juga sempat santer bahwa dirinya diminati Daejeon Hanacitizen.

Asnawi Mangkualam K League 2 Korea selatan Timnas Indonesia Ansan Greeners FC
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan