'Generasi Emas' Norwegia Gagal Lolos Playoff Piala Eropa 2020

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 09 Oktober 2020
'Generasi Emas' Norwegia Gagal Lolos Playoff Piala Eropa 2020
Norwegia 1-2 Serbia (Twitter)

BolaSkor.com - Perjalanan Norwegia dalam merajut mimpi berpatisipasi di turnamen besar sejak 2000 harus terhenti di fase playoff Piala Eropa 2020. Serbia menghentikan langkah Norwegia arahan Lars Lagerback.

Pada semifinal Jalur C playoff Piala Eropa 2020 Serbia mengalahkan Norwegia di Ullevaal Stadion, Jumat (09/10) dini hari WIB dengan skor 2-1. Dua pencetak gol Serbia lahir dari gelandang Lazio, Sergej Milinkovic-Savic (81', 102') yang diperkecil gol Mathias Normann (88').

Serbia melaju ke final playoff melawan Skotlandia yang menang adu penalti 5-3 atas Israel, sementara perjalanan Norwegia terhenti di fase semifinal. Itu bukan akhir segalanya untuk negara berjuluk Lovene (The Lions).

Baca Juga:

Rahasia Ketajaman Erling Haaland: Mandi Es dan Kacamata Tidur Khusus

5 Anak Pesepak Bola dengan Posisi Bermain yang Bertolak Belakang dari Sang Ayah

Ditunda karena Virus Corona, Penamaan Piala Eropa Tidak Berubah

Sergej Milinkovic-Savic dua kali jebol gawang Norwegia

Akan tapi jika melihat 'hype' beberapa waktu lalu mengenai Norwegia yang dianggap punya generasi emas pencapaian itu jelas menghadirkan sorotan untuk mereka. Martin Odegaard, Erling Haaland, Jens Petter Hauge, Sander Berge, dan Alexander Sorloth adalah bintang-bintang muda dalam geenrasi tersebut.

Odegaard tampil apik musim lalu sebagai pemain pinjaman di Real Sociedad, sementara Haaland sudah jadi perbincangan sejak dari RB Salzburg hingga Borussia Dortmund karena ketajamannya mencetak gol, sementara Hauge calon bintang masa depan yang baru gabung AC Milan.

Masa depan Lagerback pun dipertanyakan. Pelatih berusia 72 tahun yang pernah melatih Swedia dan Nigeria itu punya kontrak hingga 2022 (Piala Dunia), namun ia tak memungkiri jika kansnya hengkang juga masih ada apabila federasi tak menginginkannya lagi.

"Saya tidak keberatan mundir jika federasi menginginkannya atau jika saya harus memutuskannya sendiri," tutur Lagersback dikutip dari VG.

"Masa depan akan terlihat. Saya pikir masih terlalu dini untuk mengatakan apapun sekarang. Saya tidak akan pensiun malam ini, saya pikir, jadi saya akan mencoba memastikan bahwa kami mendapatkan dua kemenangan dalam dua pertandingan berikutnya."

Dalam dua laga berikutnya yang dimaksud oleh Lagersback adalah pertandingan antara Rumania melawan Irlandia Utara pada ajang UEFA Nations League.

Breaking News Piala Eropa 2020 Norwegia Timnas norwegia Erling Haaland Martin Odegaard
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.172

Bagikan