BolaSkor.com - Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso, menganggap keberhasilan timnya mencapai target berlaga di Liga Europa bukanlah hal yang mudah. Gattuso mengungkapkan hasil buruk yang dialami Milan pada awal musim menjadi tantangan berat.

Gennaro Gattuso dipercaya menjadi allenatore Milan untuk menggantikan Vincenzo Montella pada November 2017. Pada era Montella, AC Milan tampil terseok-seok dan meraih sejumlah hasil negatif baik di Serie A maupun Liga Europa.

Namun pada masa kepemimpinan Gattuso, perlahan, sang pelatih berhasil mendongkrak performa Leonardo Bonucci dan kawan-kawan. Bahkan Rossoneri sempat tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan beruntun.

Kini, Gattuso bisa bernapas lega setelah mencapai target berlaga di kompetisi Eropa pada musim depan. Kepastian itu didapat setelah menahan Atalanta 1-1 dalam pertandingan pekan ke-37 Serie A 2017-2018, di Atleti Azzurri d'Italia, Minggu (13/5) waktu setempat.

AC Milan saat ini bercokol pada peringkat keenam dengan 61 poin. Adapun Atalanta masih harus berjuang melawan Fiorentina untuk memperebutkan satu tiket Liga Europa musim depan.

"Kami telah mengamankan tiket Liga Europa. Sekarang kami berhasil menyegel posisi keenam dan itu semakin baik," ungkap Gattuso kepada Milan TV.

"Setelah musim yang bermasalah seperti itu, pencapaian ini tampak mudah bagi banyak orang. Namun, ternyata tidak. Malam ini kami menunjukkan keberanian dan bersatu," pelatih asal Italia tersebut melanjutkan.

AC Milan sebenarnya bisa menutup musim 2017-2018 dengan meraih gelar. Sayangnya, Il Diavolo Rosso kalah 4-0 ketika bersua Juventus pada laga final Copa Italia 2017-2018, di Olimpico Stadium, Rabu (9/5).