BolaSkor.com - Gelandang tim nasional Spanyol, Sergio Busquets, memberikan kritik keras usai gol penentu kemenangan Prancis yang dicetak Kylian Mbappe disahkan. Menurutnya, seharusnya gol tersebut dianulir karena Mbappe berada pada posisi offside.

Spanyol dan Prancis bermain sama kuat 1-1 setelah gol Mikel Oyarzabal dibalas aksi Karim Benzema. Kemudian, memasuki menit ke-80, gol kemenangan Prancis hadir melalui aksi individu Kylian Mbappe.

Namun, gol tersebut tak lantas diterima kubu Spanyol. Alasannya, mereka menganggap Kylian Mbappe jelas-jelas berada pada posisi offside.

Akan tetapi, Spanyol terpaksa gigit jari karena ofisial pertandingan, termasuk wasit Anthony Taylor, merasa Eric Garcia terlebih dahulu sengaja menyentuh bola. Oleh karena itu setelah momen tersebut dinyatakan sebagai fase permainan baru.

Baca Juga:

Spanyol 1-2 Prancis: Les Bleus Juara Baru Nations League

Final UEFA Nations League: Laga Istimewa Antoine Griezmann

Tiap Kali Karim Benzema Cetak Gol, Prancis Tak Terkalahkan

"Wasit memberi tahu kami Eric Garcia ingin mengambil bola dan itu mematikan offside. Namun, dia melakukannya karena bola akan mencapai Mbappe yang berada pada posisi offside. Tidak masuk akal," tegas Busquets seperti dilaporkan Daily Mail.

Garcia pun mengutarakan pendapat senada. "Mbappe berada pada posisi offside. Wasit memberi tahu jika saya ingin memainkan bola. Apa yang harus saya lakukan? Minggir dan membiarkan dia berlari? Rupanya itulah aturannya," kata sang bek.

Sementara itu, Cesar Azpilicueta menyoroti kegunaan VAR dalam peristiwa tersebut.

"Wasit ada di sana untuk membuat keputusan. Satu hal yang membua saya kecewa adalah wasit yang mengambil keputusan bukanlah Anthony Taylor yang berada di sini, tetapi yang ada di VAR. Saya pikir, ada monitor untuk menggunakannya," tegas Azpilicueta.

"Setiap kali mengadakan pertemuan dengan wasit, kami mengatakan hal yang sama dan saya tidak tahu kenapa dia tidak pergi ke monitor dan melihat sendiri apakah permainan itu disengaja atau tidak."

"Offside sangat jelas dan wasit yang melihatnya di ruangan mengatakan dia bisa memainkan bola, yang menurut saya tidak."

Pada sisi lain, Luis Enrique lebih memilih menyimpan pendapatnya. "Sulit. Saya ingin berbicara, tetapi tidak akan membahasnya. Saya tidak punya apa-apa untuk dikatakan," papar sang pelatih.