Gianluigi Buffon Bicara soal Loyalitas dan Rencana Pensiun

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 09 Oktober 2018
Gianluigi Buffon Bicara soal Loyalitas dan Rencana Pensiun
Gianluigi Buffon (Zimbio)

BolaSkor.com - Hingga saat ini Italia belum bisa menemukan sosok pengganti Gianluigi Buffon. Kiper legendaris yang kini memperkuat Paris Saint-Germain sudah berkontribusi besar bersama timnas Italia dan Juventus.

Bersama Juventus, Buffon adalah seorang legenda, pahlawan, dan ikon. Publik Juventus sangat menghormati Buffon, yang setia bersama La Vecchia Signora meski dalam masa sulit. Seperti saat skandal Calciopoli.

Juventus pernah terlibat kasus pengaturan skor yang dikenal dengan sebutan calciopoli 2006. Alhasil, Juventus dihukum turun kasta ke Serie B. Ada pemain yang hengkang, namun Buffon termasuk yang memilih bertahan meski hanya tampil di kasta kedua.

Keputusan yang sejatinya sangat aneh saat itu. Pasalnya, bukan hal yang sulit bagi Buffon untuk mendapatkan klub baru yang bersedia menampungnya.

Dalam wawancara dengan media Prancis, Buffon mengaku kesetiaannya kepada klub yang membuat dia tidak berpaling meskipun Juventus dilanda kesulitan.

“Dalam sepak bola, Anda bisa memberikan sebuah pesan ke dunia luar dengan loyalitas,” ujar Buffon.

“Untuk mengatakan kepada fans, dalam masa sulit, saya akan ada di sana. Kami bermain untuk ketenaran, uang, trofi, dan banyak hal, namun kami juga bermain untuk rasa memiliki.”

Buffon akhirnya memang meninggalkan Juventus untuk bergabung dengan PSG pada musim panas 2018 setelah kontraknya habis.

Keputusan pindah ke Prancis terbilang tidak mengejutkan. Pasalnya Buffon memiliki hubungan yang baik dengan publik Prancis. Hubungan yang muncul setelah aksi heroik Buffon ketika menegur fans Italia yang menghina lagu kebangsaan Prancis La Marseillaise, sebelum pertandingan timnas Italia melawan Prancis.

“Di Bari, fans Italia bersiul ‘La Marseillaise’ dan saya merasa perlu melakukan sesuatu. Selain sebagai cara untuk menunjukkan rasa hormat kepada Prancis dan bangsa Prancis, juga cara membela Italia dengan mengatakan bahwa negara tidak seperti itu,” ujarnya.

Sebelum bergabung dengan PSG, Buffon sempat dikabarkan akan pensiun. Namun kenyataanya dia masih tetap tampil mengawal gawang.

Buffon mengaku tak tahu kapan harus pensiun meski Saat ini sudah berusia 40 tahun. Hingga saat ini Buffon mengungkap dirinya belum punya rencana untuk pensiun.

“Saya telah banyak belajar dalam beberapa tahun terakhir bahwa merupakan sebuah kesalahan ketika menetapkan batas waktu kepada diri sendiri,” ujar Buffon.

“Pada usia 32 tahun, saya berpikir akan bermain hingga 35. Setelah itu, keadaan membuat saya terus bermain. Kemudian, saya mengatakan pada diri sendiri akan berhenti pada 38, tetapi pada usia itu saya berkata akan berhenti pada 40,” tambah Buffon.

“Hidup sudah digariskan sehingga saya masih di sini sampai hari ini. Saya tidak bisa berhenti dalam enam bulan, satu tahun atau 10 tahun dan saya tidak ingin tahu kapan saatnya.”

Gianluigi Buffon Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.035

Bagikan