BolaSkor.com - Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, menegaskan jika dirinya akan pensiun dari tim nasional Italia setelah tidak lagi menjadi penggawa La Vecchia Signora. Buffon ingin memberikan kesempatan bagi kiper lainnya.

Gianluigi Buffon mengumumkan akan meninggalkan Juventus pada akhir musim 2017-2018. Buffon merasa, ini adalah saat yang tepat untuk mengakhiri masa baktinya bersama Bianconeri setelah 17 tahun.

Setali tiga uang, kepergian Buffon dari Juventus juga menjadi perpisahan bagi tim nasional Italia. Eks AC Parma tersebut mengaku itu adalah keputusan yang sulit.

"Saya mengatakan itu. Jika Buffon menjadi masalah pada tiga bulan lalu, saya tidak akan berani berpikir apa yang bisa saya lakukan setelah tiga bulan, atau bahkan enam tahun atau satu tahun kemudian," ujar Buffon pada kenferensi pers seperti dikutip BolaSkor.com dari Soccerway.

"Ini akan menjadi sangat rumit untuk dihadap dan sesuatau yang benar-benar harus dijaga jaraknya. Sebab, saya tidak berpikir pantas mendapatkannya," terang sang kiper.

Keputusan pensiun tersebut bukanlah yang pertama bagi Buffon. Sebelumnya, sang pemain pernah mengutarakan akan meninggalkan timnas Italia setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Namun, hanya beberapa bulan berselang, Buffon mengubah keputusannya ttersebut.

"Tim nasional sudah memiliki beberapa kiper muda yang hebat dan perlu mendapatkan pengalaman. Jadi, saya tidak akan mengenakan seragam Azzurri ketika bersua Belanda pada 4 Juni 2018," jelas Buffon.

Buffon mulai menjadi portiere timnas Italia pada 1997. Hingga saat ini, sang kiper telah mengoleksi 176 pertandingan. Prestasi terbaiknya adalah membawa Italia berjaya di Piala Dunia 2006 dengan mengalahkan Prancis di final.