Gol Azpilicueta ke Gawang Cardiff Jadi Bukti Perlunya VAR di Premier League

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 31 Maret 2019
Gol Azpilicueta ke Gawang Cardiff Jadi Bukti Perlunya VAR di Premier League
Selebrasi gol Cesar Azpilicueta dengan pemain Chelsea (Twitter)

BolaSkor.com - Chelsea kembali ke laju kemenangan di Premier League. Bermain di Stadion Cardiff City, pekan 32 Premier League, Minggu (31/3) malam WIB, The Blues menang 2-1 setelah sempat tertinggal di awal babak kedua.

Victor Camarasa membawa Cardiff unggul di menit 46. Butuh waktu hingga menjelang akhir laga untuk Chelsea meraih kemenangan dramatis melalui gol Cesar Azpilicueta (84') dan Ruben Loftus-Cheek (90+1').

Menilik permainan kedua tim, Chelsea memang layak meraih kemenangan karena mendominasi penguasaan bola hingga 72 berbanding 28 persen. Jumlah tendangan mereka berada pada angka 21 berbanding delapan - keduanya sama-sama melepaskan tiga tendangan tepat sasaran.

Kemenangan Chelsea menjaga kans mereka masuk empat besar Premier League. Memiliki keunggulan satu laga tunda, seperti Manchester United, Chelsea kini ada di urutan enam dengan raihan 60 poin dan terpaut satu poin dengan Man United di peringkat empat klasemen.

Akan tapi bukan itu yang menjadi sorotan pertandingan, melainkan sebuah momen kontroversi ketika Azpilicueta mencetak gol di menit 84. Berawal dari situasi sepak pojok, bola dibelokkan Marcos Alonso dan ditanduk Azpilicueta menjadi gol.

Dalam tayangan ulang, Azpilicueta dalam posisi offside ketika menerima bola dari Alonso dan itu bisa dilihat jelas dari tayangan tersebut. Wasit laga, Craig Pawson, tidak melihatnya sebagai offside karena hakim garis tidak mengangkat bendera.

Cesar Azpilicueta terlihat offside

Sontak gol dari Azpilicueta itu langsung meramaikan media sosial (Twitter). Warganet sepakat bahwa VAR (Video Asisten Wasit) memang sangat dibutuhkan di Premier League, Inggris. Sungguh ironis liga terbaik dunia namun tidak mengikuti perkembangan zaman.

"Keputusan itu sepenuhnya buruk untuk gol offside Azpilicueta. Sekali lagi, ofisial Inggris menunjukkan ketidakmampuan mereka. VAR sangat dibutuhkan," ucap pengguna Twitter @TheManUtdWay.

"Anda tahu Neil Warnock (manajer Cardiff) akan kesal dengan gol penyama kedudukan Chelsea dan itu tidak salah. Azpilicueta jelas offside dua meter. Bagaimana bisa ofisial melewatkannya?" imbuh presenter Bein Sports, Andy Kerr di @AndyKerrtv.

"Cardiff terlihat bagus untuk meraih tiga poin yang mungkin akan sangat berpengaruh dalam pertarungan degradasi. Gol itu benar-benar meruntuhkan semangat bertarung mereka."

Andai VAR sudah diterapkan di Premier League, Pawson kemungkinan besar akan menganulir gol tersebut setelah berdiskusi dengan tim di ruang VAR - seperti yang sudah sering dilihat di LaLiga, Serie A, Piala Dunia 2018, dan bahkan Piala Asia 2019.

Breaking News Chelsea Cardiff City Azpilicueta Cesar Azpilicueta Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan