BolaSkor.com - Timnas Indonesia memetik hasil positif pada laga perdananya di Grup B Piala AFF 2020 setelah meraih kemenangan 4-2 atas Kamboja di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12) malam WIB. Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membeberkan kunci kemenangan tim asuhannya itu.

"Pertandingan pertama sangat sulit, tetapi kami membuat gol cepat sehingga mendapatkan hasil yang baik," kata Shin Tae-yong dalam post match press conference yang berlangsung secara virtual, Kamis (9/12) malam WIB.

Timnas Indonesia memang berhasil mendapatkan gol cepat di pertandingan tadi lewat Rachmat Irianto pada menit keempat. Setelah gol tersebut, Timnas Indonesia seperti mendapatkan momentum dan berhasil menambah dua gol lagi dari Evan Dimas Darmono (17') serta brace Rachmat Irianto (33').

Timnas Kamboja sempat memperkecil ketertinggalan lewat Yue Safy (37'), sebelum Ramai Rumakiek kembali mengubah skor menjadi 4-1 pada menit 54. Kamboja kemudian mendapat gol kedua dari tendangan Prak Mony Udom pada menit ke-60.

Baca Juga:

Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Bungkam Kamboja Lewat Drama 6 Gol

Pelatih Kamboja Tak Risau Dikalahkan Timnas Indonesia

Shin Tae-yong mengatakan dua gol yang dilesakkan Kamboja akibat para pemainnya menganggap enteng lawan setelah unggul 3-0.

"Setelah babak pertama, kami anggap (jalannya pertandingan) terlalu mudah dan membuat kami menjadi kesulitan sendiri," ujar pelatih berumur 52 tahun tersebut.

Shin Tae-yong juga menyoroti fisik para pemainnya yang dinilai belum prima di laga kontra Kamboja ini.

"Kami melakukan pemusatan latihan di tempat sejuk (Turki), tetapi ke Singapura jadi panas. Itu membuat kondisi pemain menjadi turun, jadi ada bagian yang harus saya perbaiki ke depannya," tutur pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Kemenangan atas Kamboja membuat Indonesia menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup B. Tim Merah-Putih tertinggal tiga poin dari Malaysia di posisi pertama, dan unggul selisih gol dari Vietnam di tempat ketiga.